Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran
Vol. 1 No. 1 (2021): Januari-April 2021

PENGARUH MATHEMATICS ANXIETY TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMK KARTIKA MAKASSAR

Nur Asrawati (STKIP YPUP Makassar, Makassar, Indonesia)



Article Info

Publish Date
27 Apr 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh negatif mathematics anxiety terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMK Kartika Makassar. Penelitian ini adalah penelitian ex-post facto yang bersifat korelasional. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas X SMK yang terdiri dari 10 kelas dengan jumlah 227 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X RPL dengan jumlah 28 siswa. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan inferensial. Dari hasil analisis deskriptif menunjukan bahwa mathematics anxiety siswa kelas X SMK Kartika Makassar dikategorikan sedang, dengan nilai rata-rata 66,7 dan standar deviasi 8,62. Hasil belajar matematika siswa kelas X SMK Kartika Makassar dikategorikan sedang, dengan nilai rata-rata 70,2 dan standar deviasi 10,77. Hasil analisis inferensial menunjukan bahwa mathematics anxiety berpengaruh negatif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMK Kartika Makassar dengan kontribusi 23,4 %. artinya 23,4 % hasil belajar matematika siswa ditentukan oleh mathematics anxiety dan sisanya 76,6% ditentukan oleh variabel lain yang tidak dijelaskan pada penelitian ini.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jrip

Publisher

Subject

Chemistry Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran (JRIP) adalah jurnal penelitian dan pengembangan kependidikan yang diterbitkan oleh Education and Talent Development Center Indonesia (ETDC Indonesia). Tujuan artikel ini adalah untuk mempublikasikan penelitian atau kajian kritis dibidang kependidikan dengan ...