Jurnal Pendidikan Buddha dan Isu Sosial Kontemporer (JPBISK)
Vol 1 No 1 (2019): Desember

PENGARUH KEAKTIFAN MAHASISWA DALAM ORGANISASI TERHADAP KECERDASAN SOSIAL PROGRAM STUDI MANAJEMEN PROFESIONAL MANAGEMENT COLLEGE INDONESIA

Ong Cin Siu (STAB Bodhi Dharma Medan)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2019

Abstract

Kecerdasan sosial bermanfaat dalam menjalin hubungan sosial. Seseorang yang memiliki kecerdasan sosial yang baik mempunyai banyak teman, pandai berkomunikasi, dan mudah beradaptasi. Kecerdasan sosial ini dapat diasah dengan aktif dalam kegiatan organisasi. Perguruan tinggi Profesional Management College Indonesia menwajibkan mahasiswa untuk aktif berorganisasi dengan tujuan menjadikan mahasiswa yang mempunyai keseimbangan antara kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, kecerdasan sosial serta kecerdasan spiritual. Judul penelitian ini “Pengaruh Keaktifan Mahasiswa dalam Organisasi terhadap Kecerdasan Sosial Program Studi Manajemen PMCI” bertujuan untuk mengetahui seberapa besarnya Pengaruh Keaktifan Mahasiswa dalam Organisasi terhadap Kecerdasan Sosial. Penelitian ini dengan pendekatan kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini adalah keaktifan mahasiswa dalam organisasi dan kecerdasan sosial. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Manajemen PMCI sebanyak 131. Menggunakan tabel penentuan jumlah sampel yang dikembangkan Isaac dan Michael dengan tingkatan kesalahan 5% sehingga jumlah sampel ditentukan sebesar 95 orang dan diambil secara acak tanpa memperhatikan usia dan jenis kelamin. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dan korelasi product moment dengan bantuan program SPSS versi 25.0. Hubungan kedua variabel dapat dilihat dari nilai koefisien Korelasi R=0,464. Nilai ini diinterpretasikan hubungan kedua variabel ada di kategori “Cukup Kuat”. Sedangkan nilai koefisien determinasi yang diperoleh adalah 21,6% yang dapat ditafsirkan bahwa keaktifan mahasiswa dalam organisasi (variabel bebas X) memiliki pengaruh kontribusi sebesar 21,6% terhadap kecerdasan sosial (variabel terikat Y) dan 78,4% lainnya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar variabel X.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JS

Publisher

Subject

Religion Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan Buddha dan Isu Sosial Kontemporer adalah jurnal yang dikelola oleh STAB Bodhi Dharma, merupakan hasil penelitian maupun kajian ilmiah peneliti/dosen/praktisi di lingkup Pendidikan Buddha dan Isu Sosial Kontemporer terbit secara berkala dua kali setahun yaitu setiap bulan Juni dan ...