Jurnal Pendidikan Buddha dan Isu Sosial Kontemporer (JPBISK)
Vol 2 No 1 (2020): Juni

PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP KINERJA PENGURUS VIHARA DHARMAKIRTI DI KOTA PALEMBANG

Lamirin Lamirin (STAB Bodhi Dharma Medan)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2020

Abstract

Penelitian dilakukan di Vihara Dharmakirti di Kota Palembang, dilaksanaan pada bulan Agustus sampai dengan September 2012. Variabel penelitain: Komunikasi Interpersonal (X1), Kecerdasan Emosional (X2) dan Kinerja Pengurus (Y). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komunikasi interpersonal dan kecerdasan emosional terhadap kinerja pengurus Vihara Dharmakirti di Kota Palembang. Tehnik pengumpulan data kuesioner, data analisis dengan metode deskripsi dan inferensial (korelasi dan regresi). Uji hipotesis uji t untuk korelasi parsial dan uji F untuk korelasi berganda. Tingkat signifikansi 95% (α = 0.05). media pengolahan data dengan program SPSS 17 for windows. Hasil analisis data diperoleh koefisien regresi untuk variabel komunikasi interpersonal (X1) sebesar 0.069 dengan tingkat signifikan α = 0.05. Koefisien regresi untuk variabel kecerdasan emosional (X2) sebesar 0.514 dengan tingkat signifikan α = 0.05. Sedangkan nilai konstanta sebesar 31.448, sehingga persamaan regresi berganda penelitian ini adalah: Ý = 31.448 + 0.069X1 + 0.514X2. Dari hasil penelitian ini diperoleh korelasi (R) hubungan antara Komunikasi Interpersonal (X1) Dan Kecerdasan Emosional (X2) secara bersama-sama terhadap Kinerja Pengurus (Y) adalah 0.666: 40.9%. Koefisien korelasi variabel Komunikasi Interpersonal (X1) terhadap Kinerja Pengurus (Y) sebesar 0.521: 25%. Koefisien korelasi (R) pengaruh Kecerdasan Emosional (X2) terhadap Kinerja Pengurus (Y) adalah 0.660: 41.8%.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JS

Publisher

Subject

Religion Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan Buddha dan Isu Sosial Kontemporer adalah jurnal yang dikelola oleh STAB Bodhi Dharma, merupakan hasil penelitian maupun kajian ilmiah peneliti/dosen/praktisi di lingkup Pendidikan Buddha dan Isu Sosial Kontemporer terbit secara berkala dua kali setahun yaitu setiap bulan Juni dan ...