Jurnal Simki Pedagogia
Vol 3 No 5 (2019): Volume 3 Nomor 5 Tahun 2019

PENGARUH METODE PEMBELAJARAAN POSTER COMMENT DIDUKUNG MEDIA VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN HUBUNGAN ANTARA MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGANNYA PADA SISWA KELAS IV SDN PELEM 1 KABUPATEN NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Bram Trisno Yogo (Universitas Nusantara PGRI Kediri)



Article Info

Publish Date
12 Dec 2019

Abstract

Berdasarkan dari hasil wawancara dengan guru kelas IV SDN Pelem 1 Kabupaten Nganjuk, hasil ulangan harian hanya 56% yang mendapat nilai di atas KKM dan ini tentu sangat jauh dari yang diharapkan yaitu 75%. Hal ini menunjukkan hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran IPA relatif tidak memuaskan, sehingga dapat terlihat dengan jelas bahwa ada masalah dalam proses pembelajaran IPA yang dilakukan di SDN Pelem 1. Sedangkan menurut beberapa peserta didik kelas IV SDN Pelem 1 Kabupaten Nganjuk sebagian besar dari mereka mengaku sangat jenuh dan merasa bosan saat pelajaran berlangsung. Hal inilah yang menjadi penyebab peserta didik merasa kesulitan menerima pelajaran IPA. Penyebab peserta didik merasa jenuh dan bosan adalah cara mengajar guru dan pemilihan metode pembelajaran yang kurang tepat, dimana sebagian besar guru mengajar menggunakan metode pembelajaran ceramah tanpa menggunakan media pembelajaran. Sebagai upaya meningkatkan hasil belajar diperlukan model pembelajaran yang tepat (metode pembelajaran Poster comment didukung media visual) agar siswa lebih tertarik, sehingga pembelajaran menjadi lebih efektif dan hasil belajar yang maksimal. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Penelitian dilakukan pada dua kelas yaitu kelas IV A sebanyak 28 siswa sebagi kelas eksperimen dan kelas IV B sebanyak 28 siswa sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data diperoleh dengan teknik tes tertulis. Datadata yang terhimpun dianalisis menggunakan uji t-tes. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa. (1) Ada pengaruh metode pembelajaran Poster comment didukung media visual terhadap kemampuan mendeskripsikan hubungan antara makhluk hidup dengan lingkungannya dengan t hitung 12,648 > 2,080 t tabel . (2) Tidak ada pengaruh metode pembelajaran ceramah tanpa didukung media visual terhadap kemampuan mendeskripsikan hubungan antara makhluk hidup dengan lingkungannya dengan t hitung 2,017 < 2,080 t tabel . (3) Ada perbedaan pengaruh metode pembelajaran Poster comment didukung media visual dan metode pembelajaran ceramah tanpa didukung media visual terhadap kemampuan mendeskripsikan hubungan antara makhluk hidup dengan lingkungannya, dengan t hitung 4,945 > 2,005t tabel. Berdasarkan kesimpulan tersebut, maka dapat disarankan bagi guru untuk menggunakan metode pembelajaran Poster comment didukung media visual agar pelajaran menjadi lebih mudah dipahami, bermakna dan menyenangkan.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JSP

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Memberikan wadah publikasi karya ilmiah di bidang kependidikan seperti Bimbingan Konseling, Perencanaan pembelajaran, Strategi pembelajaran, Metode pembelajaran, Media pembelajaran interaktif, Kompetensi pendidik, Penilaian pembelajaran, Inovasi pendidikan, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Matematika, ...