Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
Vol 7, No 2 (2021): May 2021

Analisis Pengaruh Faktor Psikologis terhadap Keputusan Konsumen untuk Membeli Berita Tribun Manado di Kota Manado

Budi Nurgianto (Mahasiswa Progam Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi, Manado)
Fredrik G. Worang (Progam Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi, Manado)
Bode Lumanauw (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 May 2021

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian yang dilakukan dengan menggunakan metodeRegresi Linier Berganda untuk menjelaskan hubungan langsung dan tidak langsungserta faktor psikologis secara simultan dan parsial dari variabel Motivasi, Persepsi,Pembelajaran, Keyakinan, dan Sikap Terhadap Keputusan Konsumen untukmembeli Tribun Manado. koran di Kota Manado, Sulawesi Utara. Objek penelitianyang dipilih adalah Koran Harian Tribun Manado dengan jumlah sampel 120responden. Teknik analisis data dengan bantuan software SPSS v.22.0 untukWindows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi (X1) berpengaruhterhadap Keputusan Pembelian (Y). Persepsi (X2) berpengaruh signifikan terhadapKeputusan Pembelian (Y), Pembelajaran (X3) berpengaruh signifikan terhadapKeputusan Pembelian (Y), Keyakinan (X4) tidak berpengaruh signifikan terhadapKeputusan Pembelian (Y)), dan Sikap (X5) berpengaruh positif dan signifikanterhadap Keputusan Pembelian (Y). Secara simultan semua variabel X berpengaruhsignifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y).

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Aksara

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal with P-ISSN 2407-8018 (Print), E-ISSN 2721-7310 (Online) is a Peer-reviewed journal published three times published in January, May, September with a peer review process and open access. The Focus and Scope of the journal publishes research articles on ...