E-Journal Perdagangan Industri dan Moneter
Vol. 2 No. 3 (2014): E-Journal Perdagangan Industri dan Moneter

Analisis Penerimaan Pajak Reklame dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi di Kabupaten Tanjung Barat

Ismail Zuhriansyah (Prodi Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi)



Article Info

Publish Date
04 Nov 2014

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kontribusi pajak reklame terhadap PAD di Kabupaten Tanjung Jabung Barat, untuk menganalisis efektifitas pajak reklame di Kabupaten Tanjung Jabung Barat, untuk menganalisis efisiensi pajak reklame di Kabupaten Tanjung Jabung Barat dan untuk menganalisis faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi penerimaan pajak reklame di Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Metode alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah rumus kontribusi, rumus efektifitas, rumus efisiensi dan model regresi liner berganda. Hasil analisis dari penelitian menunjukkan bahwa rata - rata angka kontribusi pajak reklame sebesar 0,59 persen, rata - rata angka efektifitas pajak reklame sebesar 145,23 persen, rata - rata angka efisiensi pajak reklame sebesar 8,20 persen, sedangkan hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa PDRB sektor sekunder dan Kebijakan berpengaruh terhadap penerimaan pajak reklame sedangkan jumlah industri tidak berpengaruh signifikan terhadap penerimaan pajak reklame.

Copyrights © 2014