Journal of Mechanical Engineering
Vol 4, No 2 (2020): Journal of Mechanical Engineering

ANALISIS PENGARUH INERSIA TERHADAP LOAD CARRYING CAPACITY PADA BANTALAN THRUST BERTEKSTUR SEGI EMPAT TUNGGAL DENGAN MEMPERTIMBANGKAN SLIP MENGGUNAKAN METODE COMPUTATIONAL FLUID DYNAMIC (CFD)

Fuad Hilmy (Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Tidar)
M. Muchammad (Laboratorium Engineering Design and Tribology, Departement Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro)
M. Tauviqirrahman (Laboratorium Engineering Design and Tribology, Departement Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro)



Article Info

Publish Date
18 Nov 2020

Abstract

Pesatnya perkembangan dalam bidang industri mempengaruhi para peneliti untuk melakukan berbagai macam inovasi. Salah satu penemuan yang menarik dalam bidang pelumasan hydrodynamic adalah desain tekstur pada bantalan thrust. Akan tetapi dengan adanya tekstur pada permukaan bantalan thrust terkadang justru dapat mengakibatkan efek negatif. Oleh karena itu, penelitian ini membahas pengaruh inersia dan rekayasa permukaan slip dalam rangka meningatkan performa bantalan thrustt. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan computational fluid dynamic (CFD). Berdasarkan penelitian, diperoleh hasil bahwa slip dapat mengurangi efek kavitasi dengan mereduksi area kavitasi. Sehingga dapat dikatakan bahwa slip mempunyai dampak yang positif terhadap peningkatan performa bantalan thrust salah satunya yaitu dengan meningkatkan load carrying capacity. Sedangkan inersia dikombinasikan dengan slip dapat meningkatkan load carrying capacity akan tetapi panjang daerah kavitasi juga semakin besar.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

mechanical

Publisher

Subject

Automotive Engineering Energy Engineering Industrial & Manufacturing Engineering Mechanical Engineering

Description

Journal of Mechanical Engineering (JOM) by the Program Mechanical of Engineering University of Tidar. This scientific journal received writings that had never been published elsewhere. and receive writings on the subject of Energy Science and engineering, applied mechanics and material, design, ...