Jurnal Informatika Terpadu
Vol 4 No 1 (2018): Maret, 2018

Penerapan E-Learning untuk meningkatkan Kegiatan Pembelajaran menggunakan LMS Moodle Studi Kasus STAI Al-Qudwah Depok

Desyifa Fauziah (STT Terpadu Nurul Fikri)
Suhendi Suhendi (STT Terpadu Nurul Fikri)



Article Info

Publish Date
14 Mar 2018

Abstract

Perkembangan teknologi dan informasi di era globalisasi ini memberikan pengaruh yang besar terhadap berbagai aspek dalam kehidupan, tidak terkecuali dalam bidang pendidikan. Seiring dengan perkembangan tersebut, kebutuhan akan suatu konsep serta mekanisme pembelajaran berbasis teknologi informasi pun semakin meningkat. Salah satu konsep pembelajaran berbasis teknologi informasi yaitu E-Learning. STAI Al-Qudwah merupakan salah satu  sekolah tinggi yang masih bersifat konvensional,  yang mana pertemuan tatap muka antar dosen dan mahasiswa menjadi syarat utama transfer ilmu pengetahuan. Hal tersebut menyebabkan mahasiswa kesulitan dalam memperoleh materi perkuliahan ketika dosen berhalangan hadir. Tujuan dari penelitian ini adalah mengimplementasikan sistem E-Learning d i STAI Al-Qudwah untuk membantu meningkatkan kegiatan pembelajaran. Tahapan yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu wawancara kepada pimpinan STAI Al-Qudwah serta kuesioner kepada dosen dan mahasiswa, perancangan sistem dengan membuat tampilan antarmuka, implementasi sistem E-Learning dengan menggunakan moodle serta penarikan kesimpulan dan saran. Hasil yang dicapai dari penelitian ini yaitu sistem E-learning dapat diimplementasikan dengan baik dan sesuai dengan kebutuhan pengguna berdasarkan hasil pengujian sistem dan hasil kuesioner kepada dosen dan mahasiswa, serta mampu membantu meningkatkan kegiatan pembelajaran di STAI Al-Qudwah.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jit

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Education

Description

Jurnal Informatika Terpadu memuat jurnal ilmiah di bidang Ilmu Komputer, Sistem Informasi dan Teknik Informatika. Jurnal Informatika Terpadu diterbitkan oleh LPPM STT Nurul Fikri dengan periode dua kali dalam setahun, yakni pada bulan Maret dan ...