Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen dan Akuntansi (JEBMA)
Vol. 1 No. 2 (2021): Article Research Volume 1 Nomor 2, Juli 2021

Pengaruh Label Halal, Citra Merek dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah

Nur Aeni (Universitas Pelita Bangsa)
Maya Tri Lestari (Universitas Pelita Bangsa)



Article Info

Publish Date
17 Jul 2021

Abstract

Indonesia merupakan salah satu pasar kosmetik yang menjanjikan bagi produsen. Terlebih lagi, kosmetik menjadi trend saat ini, didukung dengan perkembangan dunia teknologi yang dapat membantu dunia pemasaran berkembang secara pesat sehingga dapat menginspirasi masyarakat dalam berpenampilan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh label halal, citra merek dan harga terhadap keputusan pembelian kosmetik wardah pada mahasiswi manajemen universitas pelita bangsa angkatan 2016, secara parsial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif karena data penelitian berupa angka-angka dan analisis menggunakan statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna kosmetik wardah pada mahasiswi manajemen Universitas Pelita Bangsa. Sampel sebesar 92 responden menggunakan teknik nonprobability Sampling dengan pendekatan purposive samping. Data diperoleh dengan menggunakan analisis regresi berganda dan diolah dengan menggunakan SPSS Versi 22. Hasil penelitian menunjukkan Variabel label halal sacara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Variabel citra merek secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Variabel harga secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Label halal, citra merek dan harga memberikan kontribusi pengaruh sebesar 86,0% kepada keputusan pembelian sedangkan sisanya 14,0% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak dimasukan ke dalam penelitian ini.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jebma

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen dan Akuntansi (JEBMA) adalah Jurnal Nasional dalam bidang ilmu ekonomi bisnis, manajemen dan akuntansi. JEBMA terbit tiga kali setahun, yaitu pada bulan Maret, Juli dan November. JEBMA bertujuan untuk mempromosikan hasil penelitian di bidang ekonomi bisnis, manajemen ...