Global Science Society
Vol 1 No 1 (2019)

PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PESISIR DALAM PENGELOLAAN LIMBAH CANGKANG TIRAM MENJADI PRODUK LAMPU HIAS

Ramdan Afrian (Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Samudra. Langsa, Aceh, Indonesia.)
Zukya Rona Islami (Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Samudra. Langsa, Aceh, Indonesia.)
Bukhari Bukhari (Program Studi Pendidikan Sejarah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Samudra. Langsa, Aceh, Indonesia.)
Ayu Suciani (Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Samudra. Langsa, Aceh, Indonesia.)
Muhammad Taufik Rahmadi (Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Samudra. Langsa, Aceh, Indonesia.)



Article Info

Publish Date
20 Mar 2019

Abstract

Gampong Kuala Langsa terletak di pesisir Kecamatan Langsa Barat, Kota Langsa. Gampong Kuala Langsa memiliki luas 1.546 ha. Sebagian ibu rumah tangga di Gampong Kuala Langsa umumnya memiliki kegiatan sampingan yaitu membersihkan tiram dan tiram yang diambil dari hutan mangrove di sekitar Kuala Langsa. Daging tiram dipisahkan dari cangkangnya yang kemudian dijual bagi masyarakat. Tumpukan limbah cangkang tiram dibiarkan menumpuk di depan rumah sehingga sangat mengganggu pemandangan dan lalu lintas jalan. kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat serta mengurangi limbah di lingkungan gampong kuala langsa.kegiatan pemberdayaan masyarakat ini dilakukan dalam 4 kali pertemuan 2 kali pertemuan selama 1 jam dan 2 kali pertemuan selama 3 jam.pertemuan pertama survey dan penjelasan tentang kegiatan, pertemuan kedua dan ketiga praktek pembuatan lampu hias, serta pertemuan terakhir mengevaluasi hasil dari kegiatan. Kegiatan ini berhasil menambah nilai guna limbah menjadi produk yang bernilai ekonomis. Selain itu, dengan kegiatan ini terus menerus diharapkan dapat mengurangi penumpukan sampah dan menambah perekonomian masyarakat secara permanen.perlu. konsistensi komitmen dari masyarakat agar kegiatan ini dapat terus berlanjut secara efektif. Pembentukan kelompok usaha juga diperlukan untuk mengontrol kegiatan serta perlu adanya pendampingan rutin yang dilakukan oleh pihak yang terkait. Baik dari pihak pemerintah maupun swasta.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

gss

Publisher

Subject

Arts Humanities Computer Science & IT Education Energy Engineering Environmental Science Public Health Social Sciences

Description

Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan untuk mempublikasikan seluruh hasil pengabdian yang dilakukan oleh dosen baik berupa aplikasi teknologi tepat guna, diseminasi inovasi, maupun pemgembangan model pemberdayaan masyarakat yang meliputi: biosains, teknologi industri, teknologi pangan, ...