Global Science Society
Vol 1 No 1 (2019)

SOSIALISASI MITIGASI BENCANA BAGI MASYARAKAT PESISIR DI KUALA LEUGE KABUPATEN ACEH TIMUR

Teuku Hasan Basri (Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Samudra. Langsa, Aceh, Indonesia.)
Nuraini Nuraini (Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Samudra. Langsa, Aceh, Indonesia.)



Article Info

Publish Date
20 Mar 2019

Abstract

Gampong Kuala Leuge terletak di pesisir pantai Timur aceh tepatnya di kecamatan Peurelak kabupaten Aceh Timur propinsi Aceh, Indonesia. Daerah ini juga memiliki sumber daya alam berupa ekosistem yang pada umumnya masyarakat setempat memanen hasil tangkapan ikan untuk dijadikan senjata ekonomi dalam kehidupan sehari-hari. Tujuannya untuk mengetahui pemahaman masyarakat dalam mengatasi bencana yang timbul di daerah pesisir di daerahnya. Tujuannya untuk mengetahui kesiap siagaan masyarakat dalam menghadapi bencana yang dapat terjadi pada sewaktu-waktu tertentu. Metode penelitian ini telah dilakukan selama 3 (tiga) bulan pada Mei sampai Juli 2018. Penelitian meliputi Data Lapangan dan Metode sosialisasi kepada masyarakat di kabupaten Aceh Timur Gampong Kuala Leuge. Hasil penelitian menunjukkan Pemahaman masyarakat dalam mengatasi bencana yang timbul di daerah pesisir di daerahnya mitigasi struktural, berupa pembuatan infrastruktur sebagai pendorong minimalisasi dampak dan penggunaan pendekatan teknologi.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

gss

Publisher

Subject

Arts Humanities Computer Science & IT Education Energy Engineering Environmental Science Public Health Social Sciences

Description

Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan untuk mempublikasikan seluruh hasil pengabdian yang dilakukan oleh dosen baik berupa aplikasi teknologi tepat guna, diseminasi inovasi, maupun pemgembangan model pemberdayaan masyarakat yang meliputi: biosains, teknologi industri, teknologi pangan, ...