Jurnal Manajemen Sains
Vol 1, No 1 (2021): Januari, Jurnal Manajemen Sains

ANALISIS INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT DARI PELAYANAN PUSKESMAS LUBUK LANDAI KABUPATEN BUNGO

Darham Wahid (Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Muara Bungo)
Dian Romadani (Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Muara Bungo)



Article Info

Publish Date
19 Jan 2021

Abstract

Tujuan dilakukan penelitian ini adalah Untuk mengetahui indeks kepuasan masyarakat dari pelayanan Puskesmas Tanah Sepenggal Kabupaten Bungo dan Untuk mengetahui Faktor-faktor yang paling dominan mempengaruhi Indeks Kepuasan Masyarakat dari pelayanan Puskesmas Tanah Sepenggal Kabupaten Bungo.Metode penelitian ini bersifat Deskriptif Kuantitatif dan menggunakan analisa kualitatif untuk mendiskripsikan data-data. Populasi adalah masyarakat tahun 2018 sebanyak 280 orang, denganinsidental sampling sampel sebanyak 162 orang.Hasil penelitian ini, Indeks Kepuasan Masyarakat terhadap pelayanan publik di Puskesmas Lubuk Landai Kecamatan Tanah Sepenggal Kabupaten Bungo dengan menggunakan 9 indikator sesuai dengan PermenPAN-RB Nomor 14 Tahun 2017 diperoleh Nilai Komulatif Indeks Kepuasan masyarakat sebesar 74 atau dapat dikatakan kurang baik dengan Mutu Pelayanan C , dengan faktor dominan adalah indikator sarana dan prasarana agar lebih ditingkatkan. Kata Kunci : Indeks Kepuasan, Pelayanan

Copyrights © 2021