EDUCATIONAL : Jurnal Inovasi Pendidikan & Pengajaran
Vol. 1 No. 1 (2021)

MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DENGAN MENERAPKAN MODEL PENGAJARAN TUNTAS PADA SISWA KELAS IX B MTS NEGERI MASAMBA TAHUN PELAJARAN 2015/2016

SUMARDIN, SUMARDIN (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dengan menerapkan model pengajaran tuntas pada siswa kelas IX B MTs Negeri Masamba Tahun Pelajaran 2015/2016 dengan menggunakan model tindakan. Metode penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Populasi penelitian ini adalah menggunakan seluruh siswa kelas IX B MTs Negeri Masamba Tahun Pelajaran 2015/2016. Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu siklus I ( 66,67 %), siklus II (75,56 %) dan siklus III (86,67 %). Hasil nilai rata-rata penilaian belajar dan jumlah siswa yang dinyatakan tuntas belajar pada setiap siklus yaitu siklus I siswa yang tuntas belajar sebanyak 14 siswa dengan rata-rata nilai 74,28. Siklus II siswa yang tuntas belajar sebanyak 16 siswa dengan rata-rata nilai yang dicapai 76,62. Siklus III semua siswa tuntas dengan rata-rata nilai 92,15. Berdasarkan hasil tersebut diperoleh peningkatan prestasi belajar siswa dengan model pembelajaran tuntas.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ini berisi artikel hasil pemikiran dan penelitian yang ditulis oleh para guru, dosen, pakar, ilmuwan, praktisi, dan pengkaji dalam semua disiplin ilmu yang berkaitan dengan pedidikan dan ...