Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar writing siswa kelas VII-D SMP Negeri 6 Madiun pada mata pelajaran Bahasa Inggris materi asking for and giving informations penerapan strategi pembelajaran dengan menggunakan film pendek komedi “Mark Angel” di Youtube. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam dua siklus, meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas VII-D sebanyak 32 siswa, 14 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi dan angket. Dari hasil penelitian terdapat peningkatan jumlah siswa yang mencapai KKM dari prasiklus 50%, pada siklus I naik menjadi 56,25% dan siklus II naik menjadi 87,81%. Hasil nilai rata-rata dari prasiklus sebesar 69,06 meningkat pada siklus I menjadi 73,44, dan pada siklus II meningkat menjadi 88,13 dan sudah melebihi KKM. Sedangkan peningkatan keaktifan belajar siswa yang menunjukkan klasifikasi A dan B pada siklus II yaitu sebesar 87,51%. Dari hasil pembahasan disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran dengan menggunakan film pendek komedi “Mark Angel” di Youtube pada mata pelajaran Bahasa Inggris Materi Asking For and Giving Informations dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar writing siswa kelas VII-D SMP Negeri 6 Kota Madiun.
Copyrights © 2020