Jurnal Refleksi Pembelajaran (JRP)
Vol 5 No 3 (2020): Volume 5 No.3 Tahun 2020

Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Menyusun RPP Melalui Bimbingan Berkelanjutan Di Madrasah/Sekolah Binaan (Penelitian Tindakan Sekolah Pada Semester Ganjil Di Madrasah/Sekolah Binaan Kab.Ciamis Jawa Barat Tahun Pel. 2019/2020)

Dra. Muslihat, M.Pd. (Pengawas MTs /Kemenag Kabupaten Ciamis Jawa Barat)



Article Info

Publish Date
03 Nov 2020

Abstract

Berdasarkan hasil penelitian tindakan sekolah dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Bimbingan berkelanjutan dapat meningkatkan motivasi guru dalam menyusun RPP dengan lengkap. Guru menunjukkan keseriusan dalam memahami dan menyusun RPP apalagi setelah mendapatkan bimbingan pengembangan/penyusunan RPP dari peneliti. Informasi ini peneliti peroleh dari hasil pengamatan pada saat mengadakan wawancara dan bimbingan pengembangan/penyusunan RPP kepada para guru. 2) Bimbingan berkelanjutan dapat meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun RPP. Hal itu dapat dibuktikan dari hasil observasi/pengamatan yang memperlihatkan bahwa terjadi peningkatan kompetensi guru dalam menyusun RPP dari siklus ke siklus. Pada siklus I nilai rata-rata komponen RPP adalah 69% dan pada siklus II adalah 83%. Jadi ini terjadi peningkatan 14% dari siklus I. Telah terbukti bahwa bimbingan berkelanjutan dapat meningkatkan motivasi dan kompetensi guru dalam menyusun RPP. Oleh karena itu, peneliti menyampaikan beberapa saran sebagai berikut; 1) Motivasi yang sudah tertanam khususnya dalam penyusunan RPP hendaknya terus dipertahankan dan ditingkatkan/dikembangkan. 2) RPP yang disusun/dibuat hendaknya mengandung komponen-komponen RPP secara lengkap dan baik karena RPP merupakan acuan/pedoman dalam melaksanakan pembelajaran. 3) Dokumen RPP hendaknya dibuat minimal dua rangkap, satu untuk arsip sekolah dan satu lagi untuk pegangan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JRP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ini memuat karya ilmiah pendidik sebagai hasil usaha mengembangkan pembelajaran. Karya ilmiah tersebut berupa artikel sepanjang 5 hingga 10 halaman yang merupakan hasil penelitian atau hasil kajian pustaka yang disusun berdasarkan kaidah artikel ilmiah.Jurnal ini memuat minimal 3 (tiga) ...