Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan penggunaan strategi pembelajaran STAD pada mata pelajaran IPS Terpadu untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IX E SMP Negeri 1 Nguntoronadi Kabupaten Magetan tahun pelajaran 2017/2018. Strategi pembelajaran STAD dapat meningkatkan prestasi belajar siswa siswa kelas IX E SMP Negeri 1 Nguntoronadi Kabupaten Magetan tahun pelajaran 2017/2018, sebagai buktinya bahwa berdasarkan data hasil pengamatan pembelajaran kooperatif STAD dari siklus I mencapai 64,47% dan siklus II mencapai 92,39%. Peningkatan tersebut menunjukkan peningkatan semangat belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran IPS Terpadu. hasil pengamatan pembelajaran melalui kegiatan kuis dari siklus I mencapai 85,17% sedangkan pada siklus II mencapai 93,16%. Peningkatan tersebut menunjukkan peningkatan semangat belajar siswa dengan menggunakan variasi kuis. Dari data di atas membuktikan bahwa pembelajaran dengan menggunakan variasi kuis dapat meningkatan proses pembelajaran prestasi belajar siswa. Kemampuan pada Standar Kompetensi Memahami kondisi perkembangan negara di dunia, Kompetensi Dasar Mendiskripsikan perkembangan Perang Dunia II (termasuk pendudukan Jepang ) serta pengaruhnya terhadap keadaan sosial, ekonomi dan politik dapat ditingkatkan melalui strategi pembelajaran yang tepat oleh guru yang kreatif. Sehingga ada peningkatan prestasi belajar pada mata pelajaran IPS Terpadu siswa kelas IX E SMP Negeri 1 Nguntoronadi Kabupaten Magetan tahun pelajaran 2017/2018.
Copyrights © 2020