Jurnal Refleksi Pembelajaran (JRP)
Vol 5 No 3 (2020): Volume 5 No.3 Tahun 2020

Penerapan Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas IX E SMP Negeri I Nguntoronadi Tahun Pelajaran 2017 / 2018

Endang Sulistyowati, S.Pd. (SMP Negeri I Nguntoronadi)



Article Info

Publish Date
04 Nov 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan penggunaan strategi pembelajaran STAD pada mata pelajaran IPS Terpadu untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IX E SMP Negeri 1 Nguntoronadi Kabupaten Magetan tahun pelajaran 2017/2018. Strategi pembelajaran STAD dapat meningkatkan prestasi belajar siswa siswa kelas IX E SMP Negeri 1 Nguntoronadi Kabupaten Magetan tahun pelajaran 2017/2018, sebagai buktinya bahwa berdasarkan data hasil pengamatan pembelajaran kooperatif STAD dari siklus I mencapai 64,47% dan siklus II mencapai 92,39%. Peningkatan tersebut menunjukkan peningkatan semangat belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran IPS Terpadu. hasil pengamatan pembelajaran melalui kegiatan kuis dari siklus I mencapai 85,17% sedangkan pada siklus II mencapai 93,16%. Peningkatan tersebut menunjukkan peningkatan semangat belajar siswa dengan menggunakan variasi kuis. Dari data di atas membuktikan bahwa pembelajaran dengan menggunakan variasi kuis dapat meningkatan proses pembelajaran prestasi belajar siswa. Kemampuan pada Standar Kompetensi Memahami kondisi perkembangan negara di dunia, Kompetensi Dasar Mendiskripsikan perkembangan Perang Dunia II (termasuk pendudukan Jepang ) serta pengaruhnya terhadap keadaan sosial, ekonomi dan politik dapat ditingkatkan melalui strategi pembelajaran yang tepat oleh guru yang kreatif. Sehingga ada peningkatan prestasi belajar pada mata pelajaran IPS Terpadu siswa kelas IX E SMP Negeri 1 Nguntoronadi Kabupaten Magetan tahun pelajaran 2017/2018.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JRP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ini memuat karya ilmiah pendidik sebagai hasil usaha mengembangkan pembelajaran. Karya ilmiah tersebut berupa artikel sepanjang 5 hingga 10 halaman yang merupakan hasil penelitian atau hasil kajian pustaka yang disusun berdasarkan kaidah artikel ilmiah.Jurnal ini memuat minimal 3 (tiga) ...