Jurnal Refleksi Pembelajaran (JRP)
Vol 6 No 2 (2021): Volume 6 No.2 Tahun 2021

Peranan Metode Active Knowledge Sharing Learning Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Inggris Pada Siswa Kelas XII-IPA-1 Semester Ganjil Di SMA Negeri 2 Madiun, Kota Madiun Pada Tahun Pelajaran 2019/2020

Warsito, S.Pd., M.Pd. (SMA Negeri 2 Madiun, Kota Madiun)



Article Info

Publish Date
02 Aug 2021

Abstract

Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah: (a) Bagaimanakah peningkatan prestasi belajar Bahasa Inggris dengan diterapkannya metode Active Knowledge Sharing Learning (Pembelajaran yang Mengembangkan Bertbagai Pengetahuan Secara Aktif Pada Siswa)? (b) Bagaimanakah pengaruh metode Active Knowledge Sharing Learning terhadap motivasi belajar siswa? Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Ingin mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa setelah diterapkannya metode Active Knowledge Sharing Learning. (b) Ingin mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa setelah diterapkan metode Active Knowledge Sharing Learning Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah Siswa Kelas XII-IPA-1 Semester Ganjil di SMA Negeri 2 Madiun, Kota Madiun pada Tahun Pelajaran 2019/2020.. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (69,66%), siklus II (74,53%), siklus III (83,09%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan metode Active Knowledge Sharing Learning dapat berpengaruh positif terhadap prestasi dan motivasi belajar Siswa Kelas XII-IPA-1 Semester Ganjil di SMA Negeri 2 Madiun, Kota Madiun pada Tahun Pelajaran 2019/2020. serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran Bahasa Inggris. Sehingga dalam pelaksanaan Penelitian dapat dinyatakan Berhasil atau Tuntas.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JRP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ini memuat karya ilmiah pendidik sebagai hasil usaha mengembangkan pembelajaran. Karya ilmiah tersebut berupa artikel sepanjang 5 hingga 10 halaman yang merupakan hasil penelitian atau hasil kajian pustaka yang disusun berdasarkan kaidah artikel ilmiah.Jurnal ini memuat minimal 3 (tiga) ...