Jurnal Refleksi Pembelajaran (JRP)
Vol 6 No 2 (2021): Volume 6 No.2 Tahun 2021

Manfaat Metode Pembelajaran Learning Tournament (Turnamen Belajar) Mampu Meningkatkan Prestasi Belajar Pada Siswa Kelas VIII-C Semester Ganjil Di SMP Negeri 3 Ngadirojo, Kabupaten Pacitan Tahun Pelajaran 2017/2018.

Dra. Urip Tri Wahyuni (SMP Negeri 3 Ngadirojo, Kabupaten Pacitan)



Article Info

Publish Date
03 Aug 2021

Abstract

Manfaat Metode Pembelajaran Learning tournament (Turnamen Belajar) pada Siswa Kelas VIII-C Semester Ganjil di SMP Negeri 3 Ngadirojo, Kabupaten Pacitan Tahun Pelajaran 2017/2018, dengan cara pendekatan konvensional sudah dianggap tidak efektif serta menimbulkan kejenuhan di dalam kelas, oleh karena itu guru dituntut untuk selalu dan terus berupaya memperbaiki proses pengelolaan pembelajaran. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan sarana termudah untuk meneliti, mengevaluasi, dan menyempurnakan pengelolaan pembelajaran. Pembelajaran Metode Pembelajaran Learning tournament (Turnamen Belajar) adalah strategi pengajaran yang melibatkan partisipasi siswa dalam satu kelompok kecil untuk saling berinteraksi. Siswa memiliki dua tanggung jawab, mereka belajar untuk dirinya sendiri dan membantu sesama anggota kelompok untuk belajar. Pembelajaran Metode Pembelajaran Learning tournament (Turnamen Belajar) belum banyak diterapkan karena beberapa alasan. Alasan pertama adalah kekhawatiran akan terjadi kekacauan di kelas dan siswa tidak belajar jika ditempatkan di dalam kelompok. Selain itu kesan negatif sementara orang mengenai kegiatan kerja sama / belajar dalam kelompok. Banyak siswa yang tidak senang bekerja sama dengan orang lain. Siswa yang tekun harus bekerja melebihi yang lain, sementara yang kurang mampu merasa minder dengan siswa yang pandai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan belajar di dalam Olahraga serta membangkitkan minat siswa untuk belajar bekerja sama mengkomunikasikan hasil belajarnya, dan siswa semakin aktif serta Metode Pembelajaran Learning tournament (Turnamen Belajar). Hasil penelitian penerapan model pembelajaran Metode Pembelajaran Learning tournament (Turnamen Belajar) terbukti signifikan : 1). Menggairahkan siswa untuk belajar. 2). Peningkatan aktivitas siswa.3). Pemunculan prestasi siswa yang meningkat. Sehingga dalam kegiatan penelitian ini dapat dinyatakan Tuntas dan Berhasil.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JRP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ini memuat karya ilmiah pendidik sebagai hasil usaha mengembangkan pembelajaran. Karya ilmiah tersebut berupa artikel sepanjang 5 hingga 10 halaman yang merupakan hasil penelitian atau hasil kajian pustaka yang disusun berdasarkan kaidah artikel ilmiah.Jurnal ini memuat minimal 3 (tiga) ...