Jurnal Refleksi Pembelajaran (JRP)
Vol 6 No 2 (2021): Volume 6 No.2 Tahun 2021

Peningkatan Hasil Dan Aktivitas Belajar Siswa Kelas VI Mata Pelajaran Matematika Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Di SDN 02 Pangongangan Tahun Pelajaran 2018/2019

Sumarsih S.Pd.SD (SDN 02 Pangongangan Kota Madiun)



Article Info

Publish Date
03 Aug 2021

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalkah untuk mengetahui adanya (1) peningkatan hasil belajar matemaika ketika guru menerapkan model pembelajaran discovery learning di kelas VI SDN 02 Pangongangan tahun pelajaran 2018/2019; (2) peningkatan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran matematka ketika guru menerapkan model pembelajaran discovery learning di kelas VI SDN 02 Pangongangan tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus yang terdiri dai 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini dalah siswa kelas VI SDN 02 Pangongangan dengan jumlah 23 siswa tahun pelajaran 2018/2019 semester I. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi aktivitas belajar siswa dan tes untuk menilai adanya peningkatan hasil belajar matematika menggunakan model pembelajaran discovery learning. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif yaitu menyajikan laporan penelitian dengan menggunakan tabel, grafik dan penjelasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada peningkatan hasil belajar siswa ketika guru menerapkan model pembelajaran discovery learning dalam mata pelajaran Matematika kelas VI di SDN 02 Pangongangan Tahun Pelajaran 2018/2019. Hasil belajar siswa pada siklus I nilai rata-rata yang diperoleh yaitu 69,58, pada siklus II meningkat menjadi 84,58 dengan ketuntasan klasikal juga mengalami peningkatan yang semula 58,33% pada siklus I meningkat menjadi 91,67% pada siklus II. (2) Ada peningkatan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran mata pelajaran Matematika ketika guru menerapkan model pembelajaran discovery learning dalam mata pelajaran Matematika kelas VI di SDN 02 Pangongangan Tahun Pelajaran 2018/2019 dengan rata-rata penilaian pada siklus I 74,79 meningkat menjadi 87,08.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JRP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ini memuat karya ilmiah pendidik sebagai hasil usaha mengembangkan pembelajaran. Karya ilmiah tersebut berupa artikel sepanjang 5 hingga 10 halaman yang merupakan hasil penelitian atau hasil kajian pustaka yang disusun berdasarkan kaidah artikel ilmiah.Jurnal ini memuat minimal 3 (tiga) ...