JIK- JURNAL ILMU KESEHATAN
Vol 4, No 2 (2020): JIK-Oktober Volume 4 Nomor 2 Tahun 2020

Kecanduan Game Online Dengan Prestasi Belajar

Faridah BD (Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang)
Yuliva Bakar (poltekkes kemenkes padang)
Vivi Oknalia (Jurusan Kebidanan Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Padang)



Article Info

Publish Date
25 Oct 2020

Abstract

Fenomena kecanduan game online diperkirakan dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa/siswi di sekolah. Survei terbaru yang dirilis oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) pada tahun 2018, pengguna internet aktif pada tahun 2018, diperkirakan pemain game online di Indonesia berkisar 20,6 juta orang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kecanduan game online dengan prestasi belajar siswa/siswi SMPN 39 Padang Tahun 2020. Jenis penelitian ini adalah survey analitik dengan desain cross sectional. Penelitian ini dilakukan bulan Agustus 2019- Maret 2020. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa/siswi di SMPN 39 Padang. Sampel terdiri dari 63 responden. Pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling dengan metode proportionate stratified random sampling . Analisis data secara univariat dan bivariat menggunakan uji chi square (p<0,05). Hasil penelitian ini adalah sebanyak 98,4% prestasi belajar siswa rendah, 52,4% tingkat kecanduan game online tinggi dan p value=0,290 (>0,05) Kesimpulan penelitian ini adalah tidak ada hubungan kecanduan game online dengan prestasi belajar siswa/siswi SMPN 39. Diharapkan dengan penelitian ini, diharapkan kepada orang tua untuk lebih memperhatikan dan membatasi anak dalam menggunakan gadget dalam kehidupan sehari-hari.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jurnalkes

Publisher

Subject

Health Professions Nursing Public Health

Description

Provides a form for original research and scholarship relevant to Ners, Midwife, Public Health and other health related ...