Penelitian ini dilakukan pada Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indragiri (STIE-I) Rengat.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap kompetensi dosen dengan motivasi belajar mahasiswa. Hasil penelitian diperoleh kompetensi pedagogik Dosen Baik dengan skala 3,89, kompetensi Profesional Dosen Baik dengan skala 3,76, kompetensi Kepribadian Dosen Baik dengan skala 4,10, kompetensi Sosial Dosen Baik dengan skala 3,97.Persamaan regresi linear adalah SPSS di ketahui bahwa konstanta (a) adalah 12,326. dan koefisien X1 adalah 0,150 X2 adalah 0,107, X3 adalah 0,350, X4 adalah 0,350 dengan persamaan regresi berganda adalah Y = 12,326 + 0,150 X1 + 0,107X2 + 0,350 X3 + 0,350 X4. Nilai koefisien korelasi diketahui bahwa kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial mempunyai hubungan dengan (Y) motivasi belajar. Hal ini dapat dilihat dari nilai koefisien korelasi berganda R adalah 0,8138 artinya memiliki hubungan yang sangat kuat serta searah. dan selanjutnya diuji dengan Koefisien determinasi berganda (R2) adalah 0,669. hal ini menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial dapat memberikan sumbangan terhadap variabel (Y) motivasi belajar sebesar 66,9 %. Dan sisanya 33,1 % di pengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kompetensi Profesional memberikan pengaruh tertinggi yaitu sebesar 46,6%.
Copyrights © 2019