Jurnal Manajemen dan Bisnis
Vol 7 No 1 (2018): Jurnal Manajemen dan Bisnis (Terbit 31 Maret 2018)

PENGARUH BIAYA PROMOSI TERHADAP PENJUALAN PADA CV. BELILAS OFFSET

Kurnia Dewi (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2018

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan pada CV. Belilas Offset yang terletak di Kecamatan Seberida. Dalam Penelitian ini penulis melakukan penelitian tentang pengaruh biaya promosi terhadap penjualan pada CV. Belilas Offset. Kegiatan promosi dalam perusahaan sangat penting kaitannya dengan penjualan. Promosi merupakan kegiatan memperkenalkan barang atau jasa kepada pasar agar konsumen membelinya. Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh biaya promosi terhadap penjualan pada CV. Belilas Offset. Penelitian ini menggunakan metode wawancara sebagai alat pengumpulan data. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan (pembeli) yang berjumlah 142 orang. Sampel diambil dengan menggunakan rumus slovin, sehingga diperoleh sampel sebanyak 59 orang. Data yang diperoleh melalui wawancara dianalisis dengan analisis regresi sederhana, korelasi sederhana, koefisien determinasi dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa promosi berpengaruh secara signifikan terhadap penjualan pada CV. Belilas Offset. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji t yaitu diperoleh nilai t hitung = 11,33 > ttabel = 3,128 berarti menolak H0. Artinya semakin tinggi biaya promosi maka semakin tinggi tingkat penjualan. Selain itu juga diperoleh nilai korelasi sebesar r = 0,9885, yang artinya biaya promosi memiliki hubungan yang sangat kuat terhadap penjualan.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jmbi

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Manajemen dan Bisnis dimaksudkan sebagai jurnal untuk menerbitkan artikel tentang manajemen dan bisnis. Jurnal Manajemen dan Bisnis menerima manuskrip dalam berbagai topik yakni : Manajemen keuangan, manajemen sumber daya manusia, manajemen pemasaran, manajemen pembangunan daerah, manajemen ...