Jurnal PTK dan Pendidikan
Vol 5, No 1 (2019): Januari - Juni

Pelaksanaan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Alquran Hadits Materi Mujahadah An Nafs, Husnuzzan dan Ukhuwah

Rahmawati Rahmawati (Madrasah Aliyah Negeri 2 Banjarmasin)



Article Info

Publish Date
05 Aug 2019

Abstract

Telah dilakukan penelitian dengan tujuan yaitu untuk meningkatkan hasil belajar Alquran Hadits siswa pada materi mujahadah an nafs, husnuzzan dan ukhuwah melalui penerapan model pembelajaran problem based learning. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, evaluasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 2 MAN 2 Banjarmasin dengan jumlah siswa sebanyak 38 orang. Data yang dikumpulkan menggunakan teknik tes. Selanjutnya, dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar Alquran Hadits siswa pada materi mujahadah an nafs, husnuzzan dan ukhuwah.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

ptkpend

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal PTK dan Pendidikan is educational journal containing classroom action research and current issues of educational research. This journal publish article biannually on June and December. This is open access journal and free charge of publication. This journal published by Teacher and Training ...