KLAUSA (Kajian Linguistik, Pembelajaran Bahasa, dan Sastra)
Vol 4 No 01 (2020): Klausa Vol. 4 No. 1 Year 2020

POLA ARGUMEN MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA MANDARIN

Yohanna Nirmalasari (Universitas Ma Chung)



Article Info

Publish Date
28 Aug 2020

Abstract

Bernalar direpresentasikan melalui argumen. Argumen ini dapat diwujudkan melalui argumen tulis ataupun argumen lisan. Kedua argumen ini memiliki unsur-unsur pembangun yang dapat menunjukkan pola penutur bahasa dalam berargumen. Unsur-unsur itu adalah pendirian (PD), data (DT), dasar kebenaran (DK), dukungan (DU), modalitas (MD), dan sanggahan (SG). Unsur-unsur argumen inilah yang membedakan sebuah argumen menjadi argumen sederhana dan argumen kompleks. Di dalam penelitian ini, teks karya mahasiswa dianalisis dengan menggunakan teori argumen perspektif Stephen Toulmin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tidak ada perbedaan pola argumen antara mahasiswa laki-laki dengan mahasiswa perempuan dan (2) pola argumen yang ditemukan dapat diklasifikasikan menjadi dua, yakni pola argumen sederhana dan pola argumen kompleks.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

klausa

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

KLAUSA (Kajian Linguistik, Pembelajaran Bahasa, dan Sastra) is a journal of linguistics, literature, and language teaching that was published for the first time in 2012 (in print) by the Faculty of Language and Arts, Universitas Ma Chung. The journal publishes research and review articles in the ...