Jurnal Tabarru': Islamic Banking and Finance
Vol. 4 No. 1 (2021): Jurnal Tabarru' : Islamic Bangking and Finance

PENGARUH MOTIVASI, STRES, DAN LINGKUNGAN BELAJAR ISLAMI TERHADAP PRESTASI BELAJAR DENGAN LINGKUNGAN BELAJAR ISLAMI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

Ismartaya (Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi, Universitas Djuanda Bogor)



Article Info

Publish Date
01 May 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi dan stres terhadap prestasi belajar dengan kovariabel lingkungan belajar Islami pada Prodi Manajemen Universitas Djuanda Bogor Studi Kasus pada Mahasiswa Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Djuanda Bogor. Penelitian ini menggunakan pola dasar The Posttest Only Control Group dengan kovariabel lingkungan belajar Islami. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan kuesioner, sedangkan teknik pengambilan sampel menggunakan non probability sampling dengan jumlah sampel 296 mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi dan stres berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar melalui lingkungan belajar Islami. Hal ini terlihat dari hasil analisis regresi linier sederhana, regresi linier berganda, uji t, uji koefisien determinasi, uji sobel dan analisis jalur. Lingkungan belajar Islami sebagai variabel moderator memediasi antara motivasi terhadap prestasi belajar yang bersifat mediasi parsial maupun lingkungan belajar Islami sebagai variabel moderator yang memediasi antara stres terhadap prestasi belajar yang keduanya merupakan mediasi penuh.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

tabarru

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Scope and Focus of this journal subjected to area of : Islamic Banking (BUS, BPRS & UUS), Islamic Financial Intitutions such as Islamic Insurance (Takaful), Islamic Leasing, Islamic Capital Market (Islamic Bond/SUKUK & Islamic Stock), Islamic Pawn Shop, Baitamall Wattamwil (BMT), Islamic ...