Restoran sebagai salah satu penyedia makanan dan minuman menjadi salah satu sarana bagi konsumen dalam memenuhi kebutuhannya di mana salah satunya adalah konsumen muslim. Bagi konsumen muslim, perintah mengkonsumsi makanan dan minuman halal menjadi dasar dalam memenuhi setiap kebutuhan. Tujuan penelitian untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi konsumen membeli dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Sampel diambil sebanyak 100 responden menggunakan teknik accidental sampling kemudian diperoleh kesimpulan berdasarkan persamaan regresi linier berganda untuk pengaruh faktor eksternal dan faktor internal terhadap keputusan membeli adalah Y = -42.299 + 1.903X1 + 1.091X2. Faktor eksternal dengan skor rerata 80.9 masuk dalam kategori “baik” dan berpengaruh terhadap keputusan membeli berdasarkan thitung (7.898) > ttabel (1.984) dengan uji dua pihak dan derajat bebas (df) = 98 ; ɑ = 0,05. Faktor internal dengan skor rerata 82.3 masuk dalam kategori “baik” dan berpengaruh terhadap keputusan membeli berdasarkan thitung (15.267) > ttabel (1.984). Sedangkan secara simultan faktor eksternal dan faktor internal secara bersama-sama berpengaruh terhadap keputusan membeli karena nilai Fhitung (136.839) > Ftabel (3.090). Dan faktor yang paling dominan mempengaruhi keputusan membeli adalah faktor internal (X2) sebesar 15.267.
Copyrights © 2020