Penelitian ini bertujuan untuk melihat korelasi antara Analisis Wacana Kritis dengan Karangan Bebas Siswa Kelas IV MIN 2 Sleman Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Peneliti melakukan penyebaran angket pada seluruh siswa kelas 4 sebab papulasi dikelas tersebut tidak mencapai 100 siswa, sehingga peneliti memilih seluruh siswa menjadi sampel dalam penelitian ini. Oleh sebab itu, populasi dalam penelitian ini juga menjadi sampel penelitian untuk mengumpulkan data kuantitatif. Hasil analisis korelasi sederhana didapat korelasi antara Analisis Wacana Kritis dengan Keterampilan Menulis Karangan Bebas adalah 0,295. Hal ini menunjukkan bahwa terjadi hubungan yang cukup kuat antara Analisis Wacana Kritis dengan Keterampilan Menulis Karangan. Sedangkan arah hubungan adalah positif karena nilai r positif, berarti semakin tinggi Analisis Wacana Kritis maka semakin meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan peserta didik.
Copyrights © 2020