Abdau: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
Vol 3, No 2 (2020): Desember

KORELASI ANALISIS WACANA KRITIS DENGAN KARANGAN BEBAS SISWA KELAS IV MIN 2 SLEMAN YOGYAKARTA

Rizki Maulinisa (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)
Aninditya Sri Nugraheni (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
15 Dec 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat korelasi antara Analisis Wacana Kritis dengan Karangan Bebas Siswa Kelas IV MIN 2 Sleman Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Peneliti melakukan penyebaran angket pada seluruh siswa kelas 4 sebab papulasi dikelas tersebut tidak mencapai 100 siswa, sehingga peneliti memilih seluruh siswa menjadi sampel dalam penelitian ini. Oleh sebab itu, populasi dalam penelitian ini juga menjadi sampel penelitian untuk mengumpulkan data kuantitatif. Hasil analisis korelasi sederhana didapat korelasi antara Analisis Wacana Kritis dengan Keterampilan Menulis Karangan Bebas adalah 0,295. Hal ini menunjukkan bahwa terjadi hubungan yang cukup kuat antara Analisis Wacana Kritis dengan Keterampilan Menulis Karangan. Sedangkan arah hubungan adalah positif karena nilai r positif, berarti semakin tinggi Analisis Wacana Kritis maka semakin meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan peserta didik.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

ABDAU

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Abdau ini adalah jurnal pendidikan dasar Islam yang diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Pendidikan Islam (STPI) Bina Insan Mulia Yogyakarta. Jurnal ini sebagai sarana mempublikasikan hasil penelitian dan pemikiran pendidikan dasar Islam/madrasah ibtidaiyah oleh para pakar pendidikan, dosen, guru, ...