Jurnal Perawat Indonesia
Vol. 5 No. 1 (2021): May 2021

PERILAKU CARING PERAWAT DALAM MENURUNKAN TINGKAT KECEMASAN PADA KELUARGA PASIEN YANG DI RAWAT DI INTENSIVE CARE UNIT (ICU)

Sugiyarto, Sugiyarto (Unknown)
Anggayuni, Indira (Unknown)
Quranni Ulun, Ainun (Unknown)
Putri Permatasari, Dwiana (Unknown)
Anita Safitri, Whenefrida (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jun 2021

Abstract

Kondisi yang terjadi pada pasien di ICU akan memungkinkan keluarga merasa cemas karena anggota keluarga mengalami perawatan kritis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungangan perilaku caring perawat terhadap penurunan tingkat kecemasan keluarga pasien yang dirawat di ruang ICU. Studi ini menggunakan metode literatur review dengan mengulas beberapa artikel yang sesuai dengan tujuan awal. Pencarian literature menggunakan 2 database yaitu Google Scholar dan Pubmed Kata kunci yang digunakan dalam pencarian literature antara lain : caring, family anxiety, Intensive Care Unit ( ICU). Pada pencarian menggunakan Google Scholar dan pubmed jumlah jurnal yang didapat yaitu sejumlah 55 jurnal. Hasil pencarian tersebut kemudian diseleksi berdasarkan tahun, metode, setting lokasi dan penggunaan bahasa sehingga ditemukan hasil akhir sejumlah 5 literatur.  Berdasarkan hasil analisis keseluruhan artikel yang terpilih menunjukkan bahwa perilaku caring  perawat dapat menurunkan tingkat kecemasan keluarga pasien yang di rawat diruang ICU. Sebagai seorang perawat yang bertugas di ruang intensif dalam memberikan asuhan keperawatan kepada pasien dan keluarga hendaknya dengan selalu memberikan pelayaan yang terbaik yaitu, selalu hadir saat keluarga pasien membutuhkan, membangun kepercayaan kepada keluarga pasien, bersikap mau mendengarkan, bersikap ramah, sabar, menghargai orang lain dan cekatan akan memberikan rasa aman kepada keluarga pasien.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jpi

Publisher

Subject

Health Professions Nursing

Description

Jurnal Perawat Indonesia (e-ISSN 2548-7051) diterbitkan oleh Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Jawa Tengah. Jurnal Perawat Indonesia atau disingkat JPI ini terbit 2 kali setahun. Jurnal ini mempublikasi artikel-artikel dalam bidang ilmu keperawatan. Jurnal Perawat Indonesia menerima ...