IMJ (Indonesian Midwifery Journal)
Vol 2, No 1 (2018): IMJ: Indonesian Midwifery Journal

PENGARUH METODE DEMONSTRASI DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA KULIAH KESEHATAN MASYARAKAT DAN PROMOSI KESEHATAN

Suci Nurfajriah Nurfajriah (Unknown)
Linda Erianef Erianef (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Sep 2023

Abstract

Metode pembelajaran adalah cara atau pendekatan yang dipergunakan dalam penyajian atau menyampaikan materi kuliah. Salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan belajar adalah metode pembelajaran dan minat mahasiswa terhadap materi pembelajaran. Tujuan umum Penelitian ini yaitu ingin mengetahui pengaruh metode demontrasi dan minat belajar terhadap hasil belajar mata kuliah kesehatan masyarakat dan promosi kesehatan pada mahasiswa semester V di Akademi Kebidanan Assyifa Tangerang periode Agustus tahun 2017. Rancangan penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan analisa data quasi experimental. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dengan melakukan pre-test dan post-test pada metode demonstrasi sebagai kelompok intervensi dan metode ceramah sebagai kelompok kontrol serta kuesioner untuk mengetetahui minat belajar siswa. Populasi dan sampel berjumlah 70 siswa dibagi 2 kelas. Dari hasil penelitian uji statistik non parametik two realed sampel test wilcoxon,distribusi frekuensi nilai yang diberikan metode demonstrasi sebagai kelompok intervensi pada mata pelajaran kesehatan masyarakat dan promkes, nilai pre-test dan post-test terjadi peningkatan yang signifikan. Hasil statistik dengan wilcoxon menunjukkan nilai Z Hitung sebesar-3,741> dengan nilai Asymp Sig 0,000 (p<0,05) dengan demikian Ha diterima artinya ada pengaruh metode demonstrasi dengan hasil belajar pretest dan post-test mata pelajaran Kesehatan Masyarakat dan Promosi Kesehatan. Hasil statistik dengan wilcoxon menunjukkan nilai Asymp Sig 0,000 (p< 0,05) dengan demikian Ha diterima artinya ada pengaruh metode demonstrasi dengan minat belajar pelajaran Kesehatan Masyarakat dan Promosi Kesehatan. Hasil uji two realed sampel test Wilcoxon didapat nilai p value 0,000 (α<0,05) maka Ha diterima yang artinya ada pengaruh yang signifikan antara minat belajar dengan hasil belajar dengan metode demonstrasi pada mata kuliah kesehatan masyarakat dan promosi kesehatan

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

imj

Publisher

Subject

Education Health Professions Medicine & Pharmacology Nursing

Description

Jurnal ini hanya menerima artikel hasil penelitian yang meliputi : ilmu kebidanan, obstertri, ginekologi, kesehatan reproduksi, ilmu kesehatan anak, kesehatan masyarakat, pendidikan kebidanan dan promosi ...