JOURNAL INFORMATICS, SCIENCE & TECHNOLOGY
Vol 11 No 1 (2021): Quality System Development

PENERAPAN ALGORITMA APRIORI DALAM MENENTUKAN STRATEGI PERSEDIAAN OBAT TERHADAP PENJUALAN OBAT PADA APOTEK KARANG ASIH

Jaya, Iwan (Unknown)
Hanadwiputra, Sabar (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Feb 2021

Abstract

Abstrak Apotek Karang Asih adalah usaha pelayanan masyarakat dalam bidang kesehatanberupa penjualan obat. Terdapat banyak transaksi seperti pembelian obat dariperusahaan besar farmasi, penerimaan, penyimpanan, penjualan, penawaran danpenagihan. Tingginya transaksi penjualan obat yang tidakdimanfaatkan data penjualannya sangat berpengaruh terhadap kelancaran dan terus berkembangnya perusahaan. Peranan persediaan obat didalamnya menjadi sangat penting dalam kegiatan usaha tersebut karena berfungsi menyediakan berbagai jenis obat untuk transaksi penjualan, sehingga kurang kontrol stok obat dan ini akan mengakibatkan kekosongan stok obat dikemudian hari dan akan berakibat pada pelayanan penjualan atau supply obat sehingga diperlukannya sistem dan strategi yang mampu memberikan ilmu pengetahuan metode yang dapat digunakan untuk menganalisa pola perilaku belanja konsumen yaitu analisis keranjang belanja atau Market Basket Analysis (MBA). Analisis ini merupakan salah satu metode dalam penambangan data (data mining) yang bertujuan untuk menemukan produk-produk apa saja yang sering dibeli secara bersamaan dari data transaksi. Metode analisa pola perilaku belanja MBA menggunakan bantuan algoritma apriori, yang digunakan untuk menghasilkan association rule, dengan pola “if-then ” yang merupakan salah satu cabang dari datamining, yang berfungsi untuk mencari informasi-informasi dari sebuah kumpulan data. Dalam penelitian ini, hasil algoritma apriori dapat digunakan untuk menjadi bahan pertimbangan dalam membuat strategi pemasaran, pengoptimalan penjualan, serta sebagai bahan pertimbangan untuk melakukan penyetokan ulang.

Copyrights © 2021