MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi
Vol 4 No 1 (2021): Medialog: Jurnal Ilmu Komunikasi

Penerapan Fungsi Manajemen Penyiaran Pada Program Talkshow Aiman Di Kompas TV Jakarta

Siti Asiatun (Sekolah Tinggi Multi Media)



Article Info

Publish Date
06 Mar 2021

Abstract

Kompas TV sebagai stasiun swasta berita nasional Indonesia yang didirikan pada tanggal 09 September 2013 berhasil membawa pulang prestasi berupa piala penghargaan ajang Anugerah KPI 2019 kategori program acara talk show (berita) investigasi, yakni talk show Aiman. Tujuan Penelitian adalah untuk mengetahui penerapan fungsi manajemen penyiaran pada program talk show Aiman di Kompas TV Jakarta,. Peneliti menggunakan jenis metode penelitian kualitatif dengan cara data-data yang dianalisis secara kualitatif akan dikelompokkan dan diseleksi berdasarkan kualitas dan kebenarannya yang berkaitan dengan masalah yang diteliti. . Fungsi perencanaan isi program acara dilakukan dengan riset yg mendalam dan penuh kehati-hatian. Fungsi pengorganisasian diatur sesuai dengan undang-undang nomor 40 tentang pers, tidak ada pembagian manajemen di bagian atas, tengah, dan bawah.. Fungsi pengarahan dan memberikan pengaruh yang diberikan pemimpin kepada bawahannya melalui metode motivasi, komunikasi, kepemimpinan, dan pelatihan. l. Ketiga fungsi diatas mesti harus dilakukan evalusi melalui fungsi pengawasan. Dalam menjalankan fungsi pengawasan, manajemen talk show AIMAN melakukan penilaian semester setiap 6 bulan sekali untuk mengevaluasi hasil pekerjaan dari atasan ke bawahannya. dapat disimpulkan bahwa fungsi manajemen penyiaran pada program acara talk show AIMAN yang ditayangkan Kompas TV sudah diterapkan dengan baik. Diharapkan program acara talk show AIMAN di Kompas TV dapat terus ditayangkan mengingat kebutuhan masyarakat akan terangnya sebuah hot issues maupun current issues. Kata Kunci : Manajemen, Aiman,Talkshow,Kompas TV

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Medialog

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Medialog: Jurnal Ilmu Komunikasi, diterbitkan dua kali setahun yakni bulan Februari dan Agustus. Menerima artikel yang belum pernah dipublikasikan baik dari hasil penelitian, pemikiran konseptual/teoritis, dan studi tentang berbagai fenonema dalam bidang komunikasi, namun tidak terbatas pada isu-isu ...