Procuratio : Jurnal Ilmiah Manajemen
Vol 9 No 1 (2021): Procuratio : Jurnal Ilmiah Manajemen

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DAN NILAI PERUSAHAAN

Suyono Suyono (Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia)
Suhardjo Suhardjo (Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia)
Nicholas Renaldo (Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia)
Sudarno Sudarno (Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia)
Suci Fitria Sari (Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2021

Abstract

The development, technology, and the rapidly growing economy in Indonesia have an impact on corporate social responsibility and corporate value. This study aims to determine whether ROA, CR, DER affect Corporate Social Responsibility and Company Value. The population in this study were 22 textile and garment manufacturing companies listed on the Indonesia Stock Exchange in 2015-2019. The sample of this research is 17 companies selected based on the purposive sampling technique. Secondary data obtained on the IDX and Finance.yahoo.com. The exogenous variables used are ROA, CR, and DER. The data analysis technique used is multiple linear regression analysis using SmartPLS software. The results of this study indicate that the variables ROA and DER have no significant effect on CSR, while CR has a significant effect on CSR. The ROA, CR, and DER variables have a significant effect on Firm Value, while CSR has no significant effect on Firm Value. Manufacturing companies, especially the textile and garment sub-sector, are expected to continue to increase their CSR activities in accordance with the GRI-G4 disclosure standards, and be transparent in disclosing information about company activities related to corporate social responsibility (Corporate Social Responsibility) in their annual reports. Perkembangan pembangunan, teknologi serta perekonomian di Indonesia yang semakin berkembang pesat berdampak pada tanggung jawab sosial perusahaan dan nilai perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ROA, CR, DER berpengaruh terhadap Corporate Social Responsibility dan Nilai Perusahaan. Populasi penelitian ini adalah 22 perusahaan manufaktur sub sektor tekstil dan garmen yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2015-2019. Sampel penelitian ini sebanyak 17 perusahaan yang diseleksi berdasarkan teknik purposive sampling. Data sekunder yang diperoleh di BEI dan Finance.yahoo.com. Variabel eksogen yang digunakan adalah ROA, CR, dan DER. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan menggunakan software SmartPLS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel ROA dan DER tidak signifikan terhadap CSR, sedangkan CR berpengaruh signifikan terhadap CSR. Pada variabel ROA, CR, dan DER berpengaruh signifikan terhadap Nilai Perusahaan, sedangkan CSR berpengaruh tidak signifikan terhadap Nilai Perusahaan. Perusahaan manufaktur khususnya sub sektor tekstil dan garmen diharapkan terus menambah aktivitas CSR sesuai dengan standar pengungkapan GRI-G4, dan transparan dalam mengungkapkan informasi tentang kegiatan-kegiatan perusahaan yang berhubungan dengan tanggung jawab sosial perusahaan (Corporate Social Responsibility) pada laporan tahunan

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

PROCURATIO

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Procuratio : Jurnal Ilmiah Manajemen (p-ISSN: 2549-5690; e-ISSN: 2580-3743) menerbitkan artikel-artikel di bidang Manajemen, seperti Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran, Manajemen Sumber Daya Manusia, dan Manajemen Sistem Informasi. Redaksi menerima artikel ilmiah dalam bentuk hasil penelitian, ...