ABSTRAK Pandemi COVID-19 telah mempengaruhi tatanan hidup dan kebiasaan masyarakat di dunia pada umumnya dan di Indonesia pada khususnya. Masyarakat yang pada kesehariannya telah terbiasa untuk berinteraksi secara langsung, karena adanya COVID-19 maka masyarakat harus mulai terbiasa dengan pola hidup dengan social distancing. UMKM menjadi salah satu sektor yang terpuruk akibat pandemi Covid-19. Metode pelaksanaan adalah dengan memberikan pengajaran lewat daring yaitu menggunakan aplikasi googlemeet dan kemudian dilanjutkan dengan melakukan forum diskusi tanya jawab dengan mitra yang tergabung dalam KADIN Jawa Barat. Pada era new normal, UMKM mampu meningkatkan konsumsi nasional yang selanjutnya akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi nasional. Strategi yang dapat di terapkan oleh UMKM dalam menghadapi kondisi new normal adalah dengan melakukan penyesuaian transaksi bisnis perusahaan yang bersifat konvensional dan memanfaatkan berbagai jejaring social sehingga akan membuat kontak fisik akan berkurang. Perusahaan juga dapat mengadopasi panduan keselamatan kerja yang tetap memberikan rasa aman dan nyaman bagi karyawan dan konsumen. Kata Kunci: Pandemi COVID-19, New normal, UMKM
Copyrights © 2021