Jurnal Farmasi Sandi Karsa
Vol 6 No 1 (2020): Jurnas Farmasi Sandi Karsa (JFS)

Uji Toksisitas Ekstrak Daun Pletekan (Ruellia tuberosa L ) dengan Pelarut Etanol dan N - Heksan Menggunakan Metode Brine Shrimp Lethality Test (BSLT)

Zulfiah, Zulfiah (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui uji toksisitas daun pletekan dengan menggunakan pelarut Etanol dan n-heksan. Desain penelitian ini yang digunakan adalah eksperimental laboratorium yang dilaksanakan di Kampus Akademi Farmasi Sandi Karsa Makassar. Pletekan (Reullia tuberose L) dapat mengobati beberapa penyakit antara lain sebagai antidiabetes.antihipertensi dan analgesic.Daun pletekan mengandung sejumlah senyawa bioaktif seperti alkaloid ,flavonoid, steroid dan tannin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek toksik dengan menentukan nilai LC50 dari ekstrak daun pletekan dengan pelarut Etanol dan n-Heksan. Pada penelitian ini daun pletekan diekstrasi menggunakan metode meserasi dengan pelarut Etano dan n-Heksan. Pengujian toksisitas dilakukan menggunakan metode Brine Shrimp Lethality Test (BSLT) untuk membunuh Artemia salina L. Dengan % konsentrasi yaitu 20ppm, 40ppm, 60ppm, 80ppm dan 100ppm. Berdasarkan hasil didapatkan ekstrak n-Heksan memiliki aktivitas toksisitas yang paling kuat untuk membunuh Artemia salina Leach nilai toksisitas yaitu 123,03 ppm dibandingkan dengan ekstrak Etanol 147,91 ppm.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JFS

Publisher

Subject

Health Professions Library & Information Science Medicine & Pharmacology Nursing Public Health

Description

Pharmacy Journal Sandi Karsa is abbreviated as JFS which is a media publication on Pharmacy and Health in general, which is written in the form of research journal writing and electronic and print based books which are published twice a year with one publication for 6 months / ...