Math Educa Journal
Vol 4, No 2 (2020)

ANALISIS KENDALA SISTEM BELAJAR DARING TERHADAP PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KAMPUS

Niani, Cukri Rahmi (Unknown)
Rahma, Cukri (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2020

Abstract

Wabah Covid-19 yang telah menyebar hampir ke seluruh wilayah Indonesia memaksa kita untuk melakukan segala akitivitas dari rumah termasuk kegiatan belajar mengajar di sekolah atau kampus. Pemerintah telah menetapkan bahwa proses belajar mengajar harus dilakukan dari rumah (daring) selama masa pandemi covid-19. Selama proses pembelajaran daring dilaksanakan, banyak kendala yang dihadapi baik dari pihak dosen maupun mahasiswa. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kendala sistem belajar daring yang mempengaruhi proses pembelajaran matematika pada mahasiswa. Kendala yang dilihat meliputi kendala kuota internet, kendala keluarga, kendala jaringan, kendala fasilitas Hp/Lattop dan kendala materi pembelajaran.Teknik pengumpulan data menggunakan data primer berupa kuesioner. Pemecahan masalah menggunakan teknik analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh model regresinya . Dapat disimpulkan bahwa kendala kuota internet (x2)  mempeunyai hubungan sebesar 24%  dengan pembelajaran matematika, selanjutnya keluarga (x3) memiliki hubungan 23%, jaringan internet (x1) sebesar 19%, fasilitas Hp/Lattop (x5)  14% dan meteri pembelajaran (x4) sebesar 8%.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

matheduca

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Math Educa Journal diterbitkan oleh Program Studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang sejak tahun 2017. Terbit dua kali setahun pada bulan April dan Oktober. Berisi tulisan yang diangkat dari hasil penelitian di bidang: Matematika dan Pendidikan matematika. ...