Math Educa Journal
Vol 4, No 2 (2020)

STRATEGI MATHEMATICAL HABITS OF MIND, KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS

Susanto, Andi (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2020

Abstract

Peneltian ini bertujuan untuk melihat pengaruh strategi Mathematical Habits of Mind terhadap kemampuan pemecahan masalah dan berpikir kritis matematis peserta didik kelas VIII MTsN 2 Solok. Jenis penelitian ini adalah eksperimen-semu dengan rancangan randomized control group only design. Populasi penelitian ini seluruh peserta didik kelas VIII MTsN 2 Solok. Kemampuan pemecahan masalah dan berfikir kritis matematis diukur dengan instrumen tes serta dianalisis dengan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik pada kelas eksperimen dan kelas kontrol baerturut-turut adalah 74,91 dan 64,91, sedangkan nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis matematis  peserta didik pada kelas eksperimen dan kontrol berturut-turut adalah 73,73 dan 64,80. Untuk kemampuan pemecahan masalah matematis uji hipotesis menggunakan uji-t diperoleh,????hitung>????tabel (2,60 > 1,65), demikian juga halnya dengan kemampuan berfikir kritis matematis diperoleh thitung >ttabel (2,29.>.1,65). Hal ini menyatakan kemampuan pemecahan masalah dan berfikir kritis matematis peserta didik kelas VIII MTsN 2 Solok yang belajar dengan strategi mathematical habits of mind lebih tinggi dari pada strategi pembelajaran biasa.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

matheduca

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Math Educa Journal diterbitkan oleh Program Studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang sejak tahun 2017. Terbit dua kali setahun pada bulan April dan Oktober. Berisi tulisan yang diangkat dari hasil penelitian di bidang: Matematika dan Pendidikan matematika. ...