JPG: JURNAL PENELITIAN GURU
Vol. 3 No. 02 (2020): JURNAL PENELITIAN GURU (JPG)

MENINGKATKAN KETERAMPILAN SISWA BERMAIN BOLA VOLI MINI MELALUI PENERAPAN METODE DRILL

Aam Amalia (SD Negeri Darmaga II Kasomalang Subang)



Article Info

Publish Date
23 Oct 2020

Abstract

Dari hasil tes keterampilan pada materi bermain bola voli mini yang sudah dipelajari sebelumnya pada siswa kelas V masih rendah, ternyata hanya 7 siswa (25%) dari 28 siswa yang dinyatakan lulus, dan sisanya sekitar 21 siswa (75%) dinyatakan belum lulus dari KKM sekolah sebesar 72. Rumusan permasalahan pada penelitian ini adalah keterampilan siswa kelas V dalam materi bermain bola basket masih rendah. Dengan demikian : “Bagaimanakah penerapan metode bermain lempar tangkap bola tenis dapat meningkatkan keterampilan siswa kelas V SD Negeri Darmaga II semester genap tahun pelajaran 2018/2019 dalam bermain bola basket?”. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam bermain bola voli mini melalui penerapan metode Drill di kelas V SD Negeri Darmaga II semester genap tahun pelajaran 2018/2019. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan keterampilan siswa dalam bermain bola voli mini dapat dilakukan dengan menerapkan metode Drill Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan hasil test keterampilan siswa dari siklus 1 ke siklus 2. Hasil test keterampilan siswa pada siklus 1 mencapai nilai rata-rata sebesar 69,82 pada kategori cukup dengan prosentase kelulusan 46,43% dan pada siklus 2 meningkat menjadi 80,71 pada kategori baik dengan tingkat prosentase kelulusan 89,29%. Jadi nilai tes keterampilan siswa mengalami peningkatan sebesar 10,89.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JPG

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Penelitian Guru merupakan jurnal di bawah naungan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Subang. Jurnal ini mempublikasikan naskah-naskah artikel ilmiah dalam semua bidang ilmu pendidikan. Jurnal ini difokuskan untuk mewadahi publikasi ilmiah dari hasil penelitian guru baik pada ...