Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan salah satu komponen yang sangat mempengaruhi keberhasilan kegiatan belajar mengajar, karena di dalamnya memuat strategi agar anak didik dapat belajar secara efektif dan esifien. Berkaitan dengan pelaksanaan kegiatan supervisi berkelanjutan di SD Negeri 35 Ambacang Kamba Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan , target yang diharapkan adalah kemampuan guru dalam menyusun silabus dan RencanaPelaksanaanPembelajaran dengan asumsi bahwa melalui penyusunan RPP dan silabus yang tepat maka proses ekplorasi, elaborasi dan konfirmasi dalam kegiatan inti pembelajaran dapat dioptimalkan sehingga prestasi belajar siswa menjadi meningkat. Peningkatan kemampuan guru dalam menyusun RPP dan Silabuds melalui Supervisi berkelanjutan merupakan salah satu solusi yang cukup efektif. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil akhir penelitian dimana guru dapat menguasai indikator yang ada dalam menentukanSilabus bermanfaat sebagai pedoman dalam pengembangan pembelajaran lebih lanjut, seperti pembuatan rencana pembelajaran, pengelolaan kegiatan pembelajaran dan pengembangan sistem penilaian. Silabus merupakan sumber pokok dalam penyusunan rencana pembelajaran, kaib rencana pembelajaran untuk satu Standar Kompetensi maupun satu Kompetensi Dasar
Copyrights © 2021