JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia)
Vol 6, No 1 (2021): JPGI

Perbedaan kemampuan menggiring bola antara kelompok rangkaian bermain dan rangkaian latihan siswa

Erman Susanto (SDN 03 Lagan Hilir Kec. Linggo Sari Baganti Kabupaten Pesisir Selatan)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2021

Abstract

Berdasarkan pengamatan peneliti terhadap fenomena yang terjadi pada siswa UPT SDN 03 Lagan Hilir Kecamatan Linggo Sari Baganti, bahwa kemampuan menggiring Bola cenderung rendah. Masalah inilah diduga disebabkan karena beberapa faktor, yang salah satunya adalah belum tepatnyya metode latihan yang diberikan pelatih. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh rangkaian bermain dan rangkaian latihan terhadap kemampuan menggiring bola di UPT SDN 03 Lagan Hilir Kecamatan Linggo Sari Baganti. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen semu. Penelitian ini akan dilaksanakan pada Desember 2020. Adapun tempat penelitian adalah di lapangan UPT SDN 03 Lagan Hilir Kecamatan Linggo Sari Baganti. Populasi penelitian berjumlah 20 orang, teknik pengambilan sampel diambil dengan total sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 20 atlet. Data tes menggiring bola diambil dengan Tes menggiring bola. Teknik analisis data yaitu dengan rumus Uji t. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) terdapat bermaian memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan menggiring bola. Peningkatan kemampuan menggiring bola adalah sebesar 7,73, yaitu dari skor rata-rata 34,00 pada pre test menjadi 26,63 pada post test. (2) Rangkaian latihan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan menggiring bola. Adapaun pengaruh yang diberikan adalah sebesar 8,09 dari 34,05 saat prestes menjadi 25,96 saat post test. (3) Dengan thitung (0,675) > ttabel (2,228), hal ini berarti bahwa hipotesis penelitian tidakditerima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan pengaruh rangkaian bermain dan rangkaian latihan terhadap kemampuan menggiring bola.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jpgi

Publisher

Subject

Education

Description

JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia) ISSN: 2541-3317 (for electronic version) 2541-3163 (for print version). JPGI is a peer-reviewed, publishes research manuscripts in the field of education. The Focus and scope of the journals are to: 1) Provide a journal that reports research on topics that ...