JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia)
Vol 6, No 1 (2021): JPGI

Peningkatan kemampuan guru dalam menyusun kelengkapan mengajar melalui in-house training

Yulmi Yulmi (SDN 05 Air Pura Kecamatan Air Pura)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2021

Abstract

Penelitian dilakukan di UPT SDN 05 Air Pura Kecamatan Air Pura selama kurang lebih dua bulan dimulai tanggal 05 Juli 2020 sampai dengan tanggal 07 Agustus 2020. Pengumpulan data dilakukan melalui angket, observasi dan dokumentasi. Dari angket diperoleh hasil bahwa secara keseluruhan Guru UPT SDN 05 Air Pura Kecamatan Air Pura menyatakan penting untuk memiliki kelengkapan mengajar. Sebagian besar Guru UPT SDN 05 Air Pura Kecamatan Air Pura merasa bahwa pengalaman mengajarnya masih minim pada mata pelajaran yang diajarkan, latar belakang pendidikan tidak begitu sesuai dengan mata pelajaran yang diajarkan dan pengetahuan tentang penyusunan kelengkapan mengajar masih kurang. Seluruh Guru UPT SDN 05 Air Pura Kecamatan Air Pura menghendaki adanya In-House Training penyusunan kelengkapan mengajar dan 100% Guru memiliki motivasi yang tinggi untuk mengikuti In-House Training dan memiliki keinginan yang kuat untuk membuat kelengkapan mengajar dan akan menggunakan kelengkapan mengajar tersebut sebagai penunjang proses pembelajaran. Penelitian dilakukan sebanyak 2 siklus. Pada siklus 1 diperoleh 42,5% Guru berhasil menyelesaikan penyusunan kelengkapan mengajar dan pada Siklus 2 terdapat 95% Guru berhasil menyelesaikan penyusunan kelengkapan mengajar. Jadi ada peningkatan kemampuan Guru dalam menyusun kelengkapan mengajar setelah dilakukan In-House Training tahap 1 dan masing-masing Guru menunjukkan peningkatan yang signifikan. In-House Training adalah salah satu pola yang sangat efektip untuk meningkatkan kemampuan Guru dalam menyusun kelengkapan mengajar.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jpgi

Publisher

Subject

Education

Description

JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia) ISSN: 2541-3317 (for electronic version) 2541-3163 (for print version). JPGI is a peer-reviewed, publishes research manuscripts in the field of education. The Focus and scope of the journals are to: 1) Provide a journal that reports research on topics that ...