To Maega: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol 4, No 2 (2021): Juni 2021

Strategi Pembelajaran di Masa Pandemi, Pada Kelompok Bermain “Flamboyan” Cokrokusuman, Yogyakarta

Ninik Mardiana (UNIVERSITAS Dr. SOETOMO SURABAYA)
Edy Widayat (Universitas Dr. Soetomo Surabaya)
Sumartono Sumartono (Universitas Dr. Soetomo Surabaya)



Article Info

Publish Date
02 Aug 2021

Abstract

AbstrakPada masa pandemi yang mengakibatkan pembelajaran harus melalui sistem PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh), pihak KB Flamboyan membutuhkan arahan serta masukan agar pembelajaran tetap berlangsung dengan menerapkan strategi pembelajaran yang cocok. Mengingat dalam kondisi pandemi dan usia dini rentan terhadap penularan viruz, namun juga mengingat pembelajaran harus tetap berjalan, pihak mitra berharap arahan dari tim dosen dalam menyusun strategi pembelajaran jarak jauh yang cocok untuk anak usia dini. Oleh sebab itu KB “Flamboyan” bekerjasama dengan tim dosen Unitomo untuk mengadakan penyuluhan dan pelatihan strategi pembelajaran yang menyenangkan bagi pembelajaran prasekolah. Kegiatan pengabdian ini dimulai dari identifikasi KB “Flamboyan”, kesepakatan penentuan objek pelatihan, pelatihan dan pendampingan, serta evaluasi bersama. Hasil yang telah dicapai adanya peningkatan keterampilan guru-guru (SDM) KB “Flamboyan” dalam berkreasi membuat strategi pembelajaran yang aman dan nyaman bagi siswa, baik secara luring maupun daring dengan dalam koridor keterbatasan orang tua siswa.  Kata Kunci: strategi pembelajaran, pandemi, daring, luringAbstractDuring the pandemic, which resulted in learning having to go through the PJJ (Distance Learning) system, the KB Flamboyan team needed direction and input to keep learning going by applying appropriate learning strategies. Considering that in a pandemic condition and at an early age, they are vulnerable to virus transmission, but also considering that learning must continue, the partners hope for direction from the lecturer team in developing distance learning strategies that are suitable for early childhood. Therefore, KB "Flamboyan" collaborates with the Unitomo lecturer team to provide counseling and training on fun learning strategies for preschool learning. This service activity starts from the identification of the KB Flamboyan, an agreement to determine the object of training, training and mentoring, and evaluation. The results that have been achieved are an increase in the skills of KB "Flamboyan" teachers in creating safe and comfortable learning strategies for students, both offline and online within the corridors of the limitations of parents.Key Word: learning strategy, pandemy, online, offline

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

tomaega

Publisher

Subject

Other

Description

To Maega | Jurnal Pengabdian Masyarakat adalah jurnal ilmiah multidisiplin yang diterbitkan oleh LPPM Universitas Andi Djemma. Jurnal ini adalah jurnal nasional yang mencakup banyak masalah umum atau masalah yang terkait dengan pengabdian kepada masyarakat. Tujuan dari publikasi ini adalah untuk ...