FINANCIAL : JURNAL AKUNTANSI
Vol 6, No 2 (2020): Desember

PENGARUH BEBAN IKLAN DAN INTENSITAS PERSEDIAAN TERHADAP AGRESIVITAS PAJAK DENGAN CORPORATE SOCIAL RESPONBILITY SEBAGAI VARIABEL MODERASI

Sharline Marchya Diandra (Universitas Pamulang)
Angga Hidayat (Universitas Pamulang)



Article Info

Publish Date
22 Dec 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memberikan bukti empiris mengenai Pengaruh Beban Iklan dan Intensitas Persediaan terhadap Agresivitas Pajak dengan Corporate Social Responsibility sebagai variabel moderasi pada perusahaan manufaktur sektor industri barang dan konsumsi yang terdaftar di BEI 2014 - 2018. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 52 perusahaan. Jumlah sampel dalam penelitian adalah 15 perusahaan dengan jumlah data observasi selama 5 tahun sehingga diperoleh 75 data dengan menggunakan metode purposive sampling berdasarkan kriteria yang telah ditentukan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan data yang digunakan merupakan data sekunder yang berupa laporan tahunan dan laporan keuangan pada periode 2014 - 2018 yang diambil dari situs www.idx.co.id. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif, uji asumsi klasik, uji analisis regresi linier berganda dan MRA dengan bantuan program SPSS Versi 25. Hasil penelitian dilakukan berdasarkan uji f yaitu Beban Iklan dan Intensitas Persediaan berpengaruh terhadap Agresivitas pajak. Hasil penelitian uji t yaitu Beban Iklan berpengaruh terhadap Agresivitas pajak,sedangkan Intensitas Persediaan tidak berpengaruh terhadap Agresivitas pajak. Hasil Penelitian dengan moderasi yaitu Corporate Social Responsibility sebagai variabel moderasi memperlemah pengaruh Beban Iklan terhadap Agresivitas Pajak, serta Corporate Social Responsibility sebagai variabel moderasi memperlemah pengaruh Intensitas Persediaan terhadap Agresivitas Pajak.Kata Kunci: Beban Iklan, Intensitas Persediaan, Agresivitas Pajak, Corporate Social Responsibility

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

financial

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal ini memuat hasil penelitian bidang ilmu ekonomi Akuntansi yang akan diterbitkan secara reguler setiap 6 bulan sekali yaitu pada bulan Juni dan Desember dengan memilih karya ilmiah terbaik dan layak dimuat. Jurnal ini dikelola oleh tim dosen akuntansi. ...