Jurnal Manajemen Komunikasi
Vol 5, No 1 (2020): Accredited by Republic Indonesia Ministry of Research, Technology, and Higher Ed

Perencanaan strategi media sosial akun Instagram @peopleattiket oleh PT. Global Tiket Network

Jasmine Putri Syadhana (PT. Global Tiket Network)
Susie Perbawasari (Universitas Padjadjaran)
Hanny Hafiar (Universitas Padjadjaran)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2020

Abstract

Sifat keterhubungan yang dimiliki internet membuat segala opini dan pandangan yang dimiliki oleh para pemangku kepentingan dapat dibagi dengan mudahnya. Aksesibilitas tersebut menjadikan media sosial sebagai sarana bagi para publik perusahaan untuk menemukan berbagai opini dan tanggapan terkait satu produk atau layanan yang mereka miliki. Hal tersebut menciptakan tantangan bagi perusahaan khususnya dalam melakukan perencanaan strategi media sosial. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan mengenai perencanaan strategi media sosial menggunakan POST Method. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan jenis data kualitatif yang berfokus untuk mengetahui proses perencanaan strategi media sosial akun Instagram @peopleattiket dalam menjadikan akun Instagram @peopleattiket sebagai sumber informasi akurat terkait informasi ketenagakerjaan perusahaan. Teknik pengumpulan data yang digunakan; wawancara dengan lima informan, observasi, dan studi kepustakaan. Teknik validitas data menggunakan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa; tahap People diawali dengan melakukan segmentasi berdasarkan demografis dilanjutkan dengan kegiatan analisis minat publik internal dan eksternal; tahap Objective dilakukan dengan memilih nilai perusahaan sebagai aset untuk menyampaikan pesan baik secara online maupun offline; tahap Strategy diawali dengan pemilihan peran yang berasal dari internal perusahaan. Produksi konten diawali dengan riset, identifikasi masalah, kalibrasi, dan validasi. Adapun konten yang diproduksi merupakan konten khusus dan didominasi oleh hasil dokumentasi. Metode pengukuran dan pemantauan dengan Instagram Insight dan penggunaan aplikasi Social Bakers; Kombinasi teknologi yang dipilih pada tahap Technology; media sosial, e-mail dan career website.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

manajemen-komunikasi

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Manajemen Komunikasi ISSN 2548-3242 and eISSN 2549-0079 contains articles written from research and study reports on Communication Management. Jurnal Manajemen Komunikasi incorporate with Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia (P3I) Pengda Jawa Barat. JMK is published twice annually ...