Jutis (Jurnal Teknik Informatika)
Vol 8 No 2 (2020): Jutis (Jurnal Teknik Informatika)

Sistem Informasi Perhitungan Harga Pokok Produksi Pada PT. Nikomas Gemilang Dengan Menggunakan Metode Process Costing (Studi Kasus: Divisi Saucony)

Susandi, Diki (Unknown)
Anharudin, Anharudin (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jan 2021

Abstract

Harga pokok produksi adalah penjumlahan seluruh pengorbanan sumber ekonomi yang digunakan untuk mengubah bahan baku menjadi sebuah produk. Sistem perhitungan harga pokok produksi yang dimiliki oleh PT. Nikomas Gemilang khususnya Divisi Saucony hanya mampu melakukan perhitungan biaya bahan baku sesuai dengan Standart Bill of Material (BOM), sedangkan pencatatan biaya overhead pabrik dan biaya tenaga kerja langsung serta pembuatan laporan yang berkaitan dengan perhitungan harga pokok produksi suatu produk masih belum bisa ditangani oleh sistem. Sehingga biaya nyata yang terjadi dalam proses produksi akan sulit ditelusuri dan biaya produksi yang ada tidak berdasarkan proses produksi sesungguhnya yang terjadi. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan membuat sebuah sistem informasi yang mampu menghitung harga pokok produksi berdasarkan biaya-biaya yang dikeluarkan untuk proses produksi secara akurat dan otomatis dengan menerapkan metode process costing.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jutis

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Jurnal yang terbit dua kali dalam satu tahun, bulan april dan nopember, ruang lingkup jurnal pada informatika dan komputer. ...