Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani dan Olahraga)
Vol 5 No 2 (2020): Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani dan Olah Raga)

PENGARUH LATIHAN PENCAK SILAT MENGGUNAKAN BEBAN DEMPEL TERHADAP KECEPATAN TENDANGAN DEPAN PESILAT DI PADEPOKAN PSHT CABANG LAMPUNG BARAT:

Lungit Wicaksono (Unknown)
Totok Sardianto (Unknown)
Dimas Duta Putra Utama (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Nov 2020

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya kecepatan dalam melakukan tendangan depan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dengan memberikan suatu perlakuan yaitu latihan menggunakan beban . Jenis penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan sampel sebanyak 40 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen kecepatan tendangan depan, Berdasarkan hasil penelitian dan hasil dari uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis yang diperoleh dari kelompok eksperimen yaitu ada pengaruh dari latihan beban dampel terhadap kecepatan tendangan dengan nilai rhitung 0,8938 > rtabel 0,444 dengan . Kelompok kontrol rhitung 0,9072 > rtabel 0,444. Dengan thitung 39,74 > ttabel 2,038 distribusi dari hasil tersebut terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Perhitungan uji analisis kelompok kontrol dan kelompok eksperimen menunjukkan bahwa kelompok eksperimen dengan latihan menggunakan beban dempel berpengaruh lebih baik terhadap kecepatan tendangan depan pesilat di Padepokan PSHT Cabang Lampung Barat.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

kejaora

Publisher

Subject

Humanities Education Physics

Description

Jurnal Kejaora merupakan kumpulan dari jurnal hasil-hasil penelitian, kajian pustaka dan karya ilmiah dalam bidang pendidikan jasmani, olahraga, kesehatan dan rekreasi. Diterbitkan secara berkala dua kali per tahun pada Bulan April dan November oleh Jurusan (Program Studi) Pendidikan Jasmani ...