Jurnal Akuntansi Kompetif
Vol 4 No 1 (2021)

ANALISIS KINERJA PELAYANAN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RSUD) BENGKALIS SEBELUM DAN SESUDAH POLA PENGELOLAAN KEUANGAN BADAN LAYANAN UMUM DAERAH (PPK-BLUD)

Reni Farwitawati (Universitas Lancang Kuning)
Souvya Fithrie (Universitas Lancang Kuning)
Masirun Masirun (Universitas Lancang Kuning)



Article Info

Publish Date
03 Feb 2021

Abstract

Diterbitkannya Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 61 Tahun 2007 tentang Pedoman teknis Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum Daerah mengharuskan Pemerintah Daerah menganut PPK-BLUD dalam manajemen Rumah Sakit dalam rangka meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan kinerja pelayanan RSUD Bengkalis sebelum dan sesudah berstatus BLUD. Kinerja pelayanan yang dianalisis adalah BOR, ALOS, TOI, BTO, GDR, dan NDR. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Kinerja peayanan sebelum penerapan PPK-BLUD akan dianalisis dan dibandingkan dengan kinerja pelayanan setelah penerapan PPK-BLUD dengan menggunakan uji wilcoxon sign rank test, untuk menguji setiap variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan kinerja pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bengkalis sebelum dan setelah implementasi PPK-BLUD. Hal ini dikarenakan RSUD Bengkalis belum dapat memanfaatkan fleksibilitas yang diberikan PPK-BLUD secara optimal.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

akuntansikompetif

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Akuntansi Kompetif (Online ISSN: 2622-5379) published by Komunitas Manajemen Kompetitif. This journal published thrice in January and July. It contain the articles such as scientific papers (research and non-research), analytical studies, theoretical applications and reviews of account ...