WACANA
Vol 12, No 2 (2020)

Studi Eksplorasi Keberfungsian Full Day School Bagi Orangtua dan Anak pada SDIT Muhammadiyah 019 Bangkinang Kampar

Indah Puji Ratnani (Unknown)
Ricca Angreini unthe (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Aug 2020

Abstract

ABSTRAKSekolah full day menjadi sesuatu yang menarik perhatian masyarakat, terutama bagi orangtua. Sistem full day school menawarkan berbagai macam keuntungan bagi orangtua yang bekerja namun tetap menginginkan anak mendapatkan pendidikan maksimal. Kenyataanya, tidak semua anak merasakan dampak positif dan kenyamanan dari sistem full day yang diberlakukan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keberfungsian Full Day School Bagi Orangtua dan Anak Pada SDIT Muhammadiyah 019 Bangkinang Kampar yang memiliki kelas Tahfiz sebagai program unggulan. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Data diperoleh dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi. Responden dalam penelitian ini adalah satu orang kepala sekolah, tiga orang guru, dua puluh wali murid dan dua puluh lima siswa kelas tahfiz. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak dan orang tua sama-sama merasakan manfaat dari full day school. Anak merasakan perasaan senang dan bahagia. Orang tua merasakan perubahan akhlak dan prestasi akademik anak semakin baik setelah mengikuti full day school.Keyword : Full day School, Orangtua, anak, SD IT

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

wacana

Publisher

Subject

Arts Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Wacana adalah wadah pengembangan psikologi di indonesia khususnya dibidang indegenous yang memuat naskah-naskah ilmiah penelitian empiris. Psikologi dalam ranah indegenous mengkhususkan diri pada studi yang mengangkat seni, etnis, budaya, nilai-nilai kepercayaan, spiritualitas, agama dan kearifan ...