Jurnal Membaca Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 5, No 2 (2020): Jurnal Membaca (Bahasa dan Sastra Indonesia)

ANALISIS KETERAMPILAN MENCERITAKAN KEMBALI CERITA FIKSI PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Ratu Anggia Intan Monica (Universitas Pendidikan Indonesia)
Didin Syahruddin (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Kampus Cibiru Universitas Pendidikan Indonesia)
M. Ridwan Sutisna (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Nov 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan Siswa kelas IVA SD Plus Ar-Rahmat tahun pelajaran 2019/2020 dalam menceritakan kembali cerita fiksi. Dalam praktiknya, penelitian ini menggunakan metode analisis konten (content analysis) dengan pendekatan kualitatif dimana teknik pengumpulan datanya menggunakan wawancara, tes, dan dokumentasi kepada 15 responden. Dengan memperhatikan temuan dan pembahasan, maka penelitian ini telah mampu membuktikan keterampilan siswa kelas IVA SD Plus Ar-Rahmat sudah memiliki keterampilan menceritakan kembali cerita fiksi yang cukup baik.          Cukup baiknya keterampilan menceritakan kembali cerita fiksi tersebut ditunjukkan melalui aspek kosakata. Analisis teori dalam pembahasan memberikan informasi yang luas dan mendalam bahwa keterampilan siswa dalam menceritakan kembali cerita fiksi pada siswa kelas IV SD karena mereka telah mampu dan memiliki pemahaman yang baik mengikuti taraf perkembangan usianya dalam pembelajaran menceritakan kembali cerita fiksi agar keterampilan mereka dapat meningkat.

Copyrights © 2020