Science Education and Application Journal
Vol 2, No 2 (2020): Science Education and Application Journal

Pengaruh Pemberian Kuis Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Biologi Siswa di SMA Negeri 7 Kerinci

Tomi Apra Santosa (Universitas Negeri Padangs)
Sisi Yulianti (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Sep 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui bagaimana peningkatan motivasi belajar siswa yang diberi kuis dan tidak diberi dalam pembelajaran biologi.  Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen semu (quasi exsperimen research). Populasi penelitian adalah siswa SMA Negeri 7 Kerinci kelas X yang terdiri dari 5 kelas. Sampel adalah siswa kelas XA dan XB. Teknik pengambilan sampel adalah Random sampling. Hasil penelitian ini adalah motivasi belajar siswa yang diberikan kuis dalam pembelajaran biologi diperoleh motivasi awal (premotivation) dengan kategori rendah dengan skor 58,882 dan motivasi belajar pada kelas eksperimen yang diberikan perlakuan (treatment) dengan pemberian kuis diperoleh peningkatan motivasi belajar dengan kategori tinggi dengan skor 91,25.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

SEAJ

Publisher

Subject

Chemistry Computer Science & IT Education Energy

Description

The articles in SEAJ include developments and researches in Education, Science Education, include Chemistry, Physics, and Biology (theoretical studies, experiments, and its applications) and management education. More details about Focus and Scope, please check Focus and Scope. SEAJ also carries a ...