Penelitian ini memfokuskan kajian terhadap sloep stability terhadap ruas jalan Lahat SP. Air Dingin KM. 229+000 mengingat bahwa kelongsoran yang terjadi diruas jalan cukup terjal. Untuk mengetahui parameter tanah peneliti melakukan korelasi data N-SPT menggunakan metode Rankin dan Program PLAXIS 8.2 (metode Elemen Hingga) peneliti melakukan VII permode permodelan I dengan Nilai Safety Factor 1,2793, permodelan II dengan Nilai Safety Factor l,5595, permodelan III dengan Nilai Safety Factor 1,5703, permodelan IV dengan Nilai Safety Factor 1,5696, permodelan V dengan Nilai Safety Factor 1,2873, permodelan VI dengan Nilai Safety Factor 1,7255 dan permodelan VII dengan Nilai Safety Factor 2,0789. Jadi angka keamanan yang paling aman untuk retening wall adalam permodelan VII dengan diameter 80cm kedalaman 18m angka safety factor 2,0789.Key Words : Longsor,Tiang Pancang,Retening Wall, Plaxis
Copyrights © 2019